Wiwin Dwi, Wahyuningtias (2012) Peningkatan Hasil Belajar Fiqih Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Siswa Kelas III di MI Negeri Rejotangan Tulungagung. [ Skripsi ]
Text
Cover Skripsi sampai Abstrak.docx Download (139kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (31kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (57kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (45kB) |
|
Text
BAB IV.docx Download (80kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (21kB) |
|
Text
daftar pustaka.docx Download (19kB) |
Abstract
Latar belakang: Seringkali guru tidak memperhatikan metode dalam mengajar sehingga membuat proses pembelajaran yang di lakukan tidak sesuai dengan materi yang di ajarkan. Hal ini berimbas pada pemahaman siswa yang kurang maksimal dalam menyerap materi. Hasil observasi menunjukkan bahwa MI Negeri Rejotangan Tulungagung, sebagian besar guru lebih suka menggunakan metode ceramah sehingga siswa kurang kreatif dalam menjawab pertanyaan dan lemah dalam penguasaan materi. Hal ini dibuktikan dengan rendahnya nilai rata-rata fiqih pada materi shalat Idain sebelum diadakan tindakan. Dengan penerapan metode pengajaran yang tepat dan baik dapat lebih efektif dalam proses belajar mengajar yang dilakukan oleh seorang guru untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Maka dari itu dengan menerapkan metode demonstrasi diharapkan proses belajar mengajar akan lebih kondusif dan efektif sehingga tujuan pembelajaran bisa tercapai. Fokus penelitian: (1) Bagaimana penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan keaktifan belajar Fiqih siswa kelas III di MI Negeri Rejotangan Tulungagung? (2) Bagaimana penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar Fiqih siswa kelas III di MI Negeri Rejotangan Tulungagung? Tujuan penelitian: (1) Mendeskripsikan keaktifan belajar Fiqih siswa kelas III di MI Negeri Rejotangan Tulungagung yang diajar dengan metode demonstrasi. (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Fiqih siswa kelas III di MI Negeri Rejotangan Tulungagung yang diajar dengan metode demonstrasi. Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah pengalaman serta wawasan dalam bidang penulisan maupun penelitian. Bagi MI Negeri Rejotangan Tulungagung sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka peningkatan mutu kualitas pengajaran, baik bagi guru maupun lembaga pendidikan. Bagi para pembaca sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti. Metode yang di gunakan dalam pengumpulan data penelitian ini yaitu metode pemberian tes, wawancara, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah PTK yaitu penelitian yang dilakukan oleh guru di kelas atau di sekolah tempat ia mengajar dengan penekanan pada penyempurnaan atau peningkatan proses dan praktis pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: (1) Dengan menggunakan metode demonstrasi pada pembelajaran Fiqih keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran meningkat. (2) Penerapan metode demonstrasi dalam pelajaran Fiqih pokok bahasan shalat Idain mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan tersebut.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 14 Aug 2015 09:17 |
Last Modified: | 14 Aug 2015 09:17 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1403 |
Actions (login required)
View Item |