STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS MELALUI PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VIII DI MTs NEGERI 7 TULUNGAGUNG

MUHAMMAD NAHRUDIN, 17201153063 (2019) STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS MELALUI PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VIII DI MTs NEGERI 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (775kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Membentuk Karakter Religius Melalui Pembelajaran Aqidah Akhlak kelas VIII di MTs Negeri 7 Tulungagung”ini di tulis oleh Muhammad Nahrudin, NIM. 17201153063, pembimbing Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci : Karakter Religius, Strategi pemebelajaran Penelitian ini di latar belakangi oleh fenomena bahwa karaker religius dalam proses pembelajaran aqidah akhlak di sekolah sudah merupakan kebutuhan dan keharusan mengigat kemajuan, perkembangan ilmu pengetahuan, dan tututan jaman serta menjawab tantangan jaman. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah Strategi guru dalam membentuk karakter religius melalui pembelajaran aqidah akhlak. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi perencanaan guru dalam membentuk karakter religius melalui pembelajaran aqidah akhlak kelas VIII di MTs Negeri 7 Tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanaan strategi guru dalam membentuk karakter religius melalui pembelajan aqidah akhlak kelas VIII di MTs Negeri 7 Tulungagung? (3) Bagaimana Dampak strategi guru dalam membentuk karakter religius melalui pembelajaran aqidah akhlak kelas VIII MTs Negeri 7 Tulungagung? Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendiskripsikan perencanaan guru dalam membentuk karakter religius melalui pembelajaran aqidah akhlak kelas VIII di MTs Negeri 7 Tulungagung. (2) Mendiskripsikan pelaksanaan guru dalam membentuk karakter religius melalui pembelajaran aqidah akhlak kelas VIII di MTs Negeri 7 Tulungagung. (3) Mendiskripsikan dampak guru dalam membentuk karakter religius melalui pembelajaran aqidah akhlak kelas VIII di MTs Negeri 7 Tulungagung. Metode Penelitian yang digunakan (1) kualitatif, peneliti sebagai key instrument. (2) Sumber data penelitian,dua guru aqidah akhlak dan siswa, (3) Teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. (4) Teknik analisis data yang digunakan, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. (5) Teknik pengecekan keabsahan temuan melalui tiga kriteria, yaitu perpanjang keikutsertaan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Temuan penelitian (1) Dalam stetrategi perencanan pembelajaran aqidah akhlak, guru menggunakan beberapa langkah untuk perencanan dalam pembelajaran. Untuk mencapai kualitas pemeblajaran aqidah akhlak ada 4 indikator yaitu: a. Lingkungan fisik di kelas VIII dikelola dengan baik untuk mendukung kegiatan pemebelajaran. b. Guru aqidah akhlak dapat menguasai situasi belajar siswa dan mampu menguasai dinamika kelas yang dihuni oleh berbagai sifat dan watak siswa. c. Guru aqidah akhlak menyampaikan materi secara sistematis. d. Pemebelajaran aqidah akhlak pada kelas VIII menggunakan strategi pembelajaran pembiasaan bertingkah laku baik dan sesuai dengan tuntunan yang ada dalam agama islam itu sendiri. (2) Dalam pelaksanaan strategi pembelajaran aqidah akhlak di MTs Negeri 7 Tulungagung, siswa tidak hanya menerima materi dari guru namun,sudah di beri tugas tambahan untuk mencarai materi dari buku. Hal ini sangat positif karena bisa menambah wawasan siswa dalam menpelajari agama secara baik. Pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlak sebagai berikut: a. Lingkungan fisik kelas VIII dikelola dengan baik untuk mendukung pembelajaran. b. Suasana pembelajaran aqidah akhlak sangat kondusif. c. Guru aqidah akhlak mampu menyampaikan materi pembelajaran dengan jelas dan sistematis. d. Pemebelajaran aqidah akhlak berlangsung dengan proses yang dapat diterima secara rasional. (3) Dampak yang ditimbulkan dari strategi pembelajaran pembiasaan yaitu: Dampak positif siswa saling berlomba-lomba dalam kebaikan, Komunikasi yang sangat baik, Kelas menjadi kondusif. Adapun dampak negatif yaitu: tidak semua siswa menyerap pembelajaran aqidah akhlak dengan baik, siswa kurang memperhatikan pada saat pembelajaran aqidah akhlak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153063 MUHAMMAD NAHRUDIN
Date Deposited: 06 Dec 2019 03:56
Last Modified: 06 Dec 2019 03:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14080

Actions (login required)

View Item View Item