KHOIRIN NISWAH, 1721143196 (2019) PENGARUH KEWIBAWAAN GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 4 TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (269kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (262kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (235kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (642kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (313kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (263kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (197kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kewibawaan Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 4 Tulungagung Tahun Pelajaran 2017/2018”, ini ditulis oleh Khoirin Niswah, NIM. 1721143196. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Chusnul Chotimah, M.Ag., NIP. 197512112002122001 Kata Kunci: Kewibawaan Guru, Minat Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, sehingga tidak sedikit siswa yang kurang antusias mengikuti pembelajaran di kelas dengan berbagai alasan. Salah satunya, banyak siswa yang mengadakan kelompok diskusi sendiri ketika pembelajaran berlangsung, hal ini disebabkan perhatian dan teknik pembelajaran guru yang monoton atau kurang variatif, kurang adanya kemauan, kesiapan dan konsentrasi sehingga siswa kurang tertarik dalam mempelajari materi Pendidikan Agama Islam. Di sisi lainnya, kurang adanya keikhlasan guru dalam menyampaikan pembelajaran, karena hanya mementingkan dirinya sendiri, bukan untuk mengisi perjuangan. Seperti hanya meminta upah mengajar, mencari imbalan atau ucapan terimakasih, sehingga dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah kewibawaan guru dengan minat belajar siswa di SMP Negeri 4 Tulungagung. Rumusan masalah: (1) Bagaimanakah kewibawaan guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Tulungagung? (2) Bagaimanakah minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Tulungagung? (3) Adakah pengaruh kewibawaan guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Tulungagung? Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional, mendapatkan populasi siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Tulungagung, yang terdiri dari 322 siswa. Dengan teknik pengambilan sampel Stratified Random Sampling diperoleh sampel 100 siswa. Variabel bebas: Kewibawaan Guru. Variabel terikat: Minat Belajar. Sumber data: Responden dan Dokumen. Teknik pengumpulan data: angket dan dokumentasi. Teknik analisis data: Uji Validitas, Reliabilitas, dan Uji Korelasi Pearson Product Moment dengan bantuan SPSS for Windows 16.0. Hasil penelitian: (1) Kewibawaan guru di SMP Negeri 4 Tulungagung Tahun Pelajaran 2017/2018 tergolong pada kategori sedang (57%), yang tergolong kategori tinggi sebesar (15%), sedangkan yang tergolong pada kategori rendah sebesar (28%) (2) Minat siswa di SMP Negeri 4 Tulungagung Tahun Pelajaran 2017/2018 terhadap pelajaran PAI tergolong pada kategori sedang (55%), yang tergolong pada kategori tinggi sebesar (20%), sedangkan yang tergolong pada kategori rendah sebesar (25%) (3) Terdapat pengaruh antara kewibawaan guru terhadap minat belajar siswa di SMP Negeri 4 Tulungagung Tahun Pelajaran 2017/2018 yang menunjukan bahwa rhitung = 0,504 dan rtabel = 0,195 dengan taraf signifikan 5% dapat disimpulkan bahwa rhitung > rtabel..atau 0,504 > 0,195, dan tergolong korelasi yang sedang (cukup kuat).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1721143196 KHOIRIN NISWAH |
Date Deposited: | 06 Jan 2020 03:07 |
Last Modified: | 06 Jan 2020 03:07 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14083 |
Actions (login required)
View Item |