WILOM FRISTYA HARIZ SANDI, 17201153530 (2019) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBANGUN KEPRIBADIAN MUSLIM DI MTs MA’ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (344kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (349kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (147kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (233kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (474kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (97kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Membangun Kepribadian Muslim di MTs Ma‟arif Bakung Udanawu Blitar” ini ditulis oleh Wilom Fistya Hariz Sandi, NIM 17201153530, pembimbing Dr. Hj. Sulistyorini, M.Ag, NIP.196512152003122001 Kata Kunci : Strategi Guru Akidah Akhlak, Membangun Kepribadian muslim Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena degradasi moral remaja khusunya peserta didik yang memprihatinkan. Oleh sebab itu perlu adanya strategi guru akidah akhlak untuk menanamkan nilai-nilai religius, sehingga dapat membangun kepribadian muslim peserta didik serta diharapkan dapat memperbaiki moral dengan terbentuknya berakhlakul karimah peserta didik sesuai dengan nilai-nilai religius dalam kehidupan sehari-hari. Fokus Penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam membangun kepribadian muslim peserta didik MTs Bakung Udanawu Blitar?, (2) Apasaja faktor pendukung dan penghambat strategi guru akidah akhlak dalam membangun kepribadian muslim peserta didik MTs Bakung Udanawu Blitar?, (3) Apasaja dampak strategi guru akidah akhlak dalam menumbuhkan kepribadian muslim peserta didik MTs Bakung Udanawu Blitar?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui strategi guru akidah akhlak dalam membangun kepribadian muslim, (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi guru akidah akhlak dalam membangun kepribadian muslim peserta didik, dan (3) Untuk mengetahui dampak strategi guru akidah akhlak dalam membangun kepribadian muslim peserta didik MTs Bakung Udanawu Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis deskriptif, lokasi penelitiannya di MTs Bakung Udanawu Blitar, sumber datanya di dapat melalui tiga unsur yaitu person, place dan paper, metode pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi kepada Wakil kepala, guru, dan siswa. Dalam menganalisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif, sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan triangulasi, pembahasan teman sejawat, dan perpanjangan penelitian. Hasil penelitian ini adalah (1) Strategi guru akidah akhlak dalam membangun kepribadian yaitu dengan pembiasaan doa, pengembangan diri (mengaji bersama), infaq, membaca yasin dan tahlil, kegiatan PHBI, Bersalaman dan Sholat dhuhur berjamaah, (2) faktor pendukung guru yaitu program sekolah, kerjasama dan kekompakan guru Akidah-Akhlak dengan guru lain, serta kesadaran peserta didik. Sedangkan faktor penghambat yaitu latar belakang keluarga peserta didik, alokasi waktu pembelajaran yang singkat, serta pengaruh kemajuan IPTEK, (3) Dampak strategi guru yaitu tumbuhnya sikap kedisiplinan peserta didik, tumbuhnya sikap kejujuran peserta didik, sikap saling menghormati dan menyayangi, dan tumbuhnya sikap dermawan pada diri peserta didik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153530 WILOM FRISTYA HARIZ SANDI |
Date Deposited: | 10 Dec 2019 08:00 |
Last Modified: | 10 Dec 2019 08:00 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14084 |
Actions (login required)
View Item |