MILATUL MUFIDAH, 17201153468 (2019) PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA SISWA MTs NEGERI 2 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (292kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (464kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (436kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (310kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (247kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (220kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pembelajaran dengan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah Kebudayaan Islam pada Siswa MTs Negeri 2 Kota Blitar” ini ditulis oleh Milatul Mufidah, NIM. 17201153468, pembimbing: Luk-Luk Nur Mufidah, M.Pd.I Kata Kunci : Media Audio Visual, Motivasi Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh berkembangnya ilmu pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang semakin berkembang saat ini, khususnya perkembangannya pada lembaga sekolah tersebut, selain itu juga penggunaan media audio visual yang baru saja diterapkan dalam berbagai proses belajar mengajar di dalam kelas. Oleh karena itu untuk meningkatkan suatu motivasi belajar pada mata pelajaran SKI dengan menerapkan media sebagai penunjangnya yaitu Media Audio Visual. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 2 Kota Blitar. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1). Apa jenis motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam dengan penerapan media audio visual? 2). Bagaimana proses penerapan media audio visual untuk meningkatkan motivasi belajar sejarah kebudayaan islam pada siswa MTsN 2 Kota Blitar? 3). Apa saja faktor pendorong dan penghambat dalam penerapan media audio visual untuk meningkatkan motivasi belajar mata pelajaran sejarah kebudayaan islam pada siswa MTsN 2 Kota Blitar?. Dari fokus tersebut, adapun tujuannya yakni sebagai berikut: 1). Untuk mengetahui jenis motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam dengan penerapan media audio visual 2). Untuk mengetahui proses penerapan media audio visual untuk meningkatkan motivasi belajar sejarah kebudayaan islam pada siswa MTsN 2 Kota Blitar. 3). Untuk mengetahui apa saja faktor pendorong dan penghambat dalam penerapan media audio visual untuk meningkatkan motivasi belajar pada siswa MTsN 2 Kota Blitar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan pola deskriptif yaitu memaparkan segala sesuatu ataupun keadaan sesuatu secara sistematis sehingga obyek penelitian menjadi jelas. Dan metode dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode observasi digunakan untuk mengumpulkan data (informasi) dengan cara pengamatan terhadap kegiatan yang sedang berlangsung. Metode wawancara digunakan untuk mengumpulkan data atau informasi yang digali dari sumber data langsung melalui percakapan atau tanya jawab. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh informasi dari macam-macam sumber tertulis atau dari dokumen yang ada pada informan. Dan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian penulis menemukan bahwa: 1) jenis motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam dengan penerapan media audio visual yang diberikan siswa yakni jenis motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. 2) proses penerapan media audio visual untuk meningkatkan motivasi belajar sejarah kebudayaan islam pada siswa adalah guru mempersiapkan alat media, materi yang disampaikan memalui film pendek atau video, MS power point, dan metode dalam penyampaian dalam penerapan media dengan ceramah beseta tanya jawab. 3) faktor pendukung dalam penerapan media audio visual untuk meningkatkan motivasi belajar sejarah kebudayaan islam adalah sarana prasarana, ketertarikan siswa dengan media, materi yang disajikan mudah untuk dimasukkan dalam tampilan LCD. Serta penghambatnya, yakni daya listrik yang tidak medukung, listrik mati pada saat pelaksanaan proses pembelajaran, tingkat kesulitan kepada ketepatan materi yang akan disajikan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153468 MILATUL MUFIDAH |
Date Deposited: | 12 Dec 2019 07:08 |
Last Modified: | 12 Dec 2019 07:08 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14120 |
Actions (login required)
View Item |