LINDA RISTIYANTI, 17201153334 (2020) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA DI MTS AL-HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (52MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (201kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (87kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (417kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (340kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (250kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (378kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (90kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (225kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Akidah Akhlak dalam Membina Akhlak Siswa di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung” ini ditulis oleh Linda Ristiyanti, NIM 17201153334, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung pembimbing Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I Kata Kunci : Peran Guru, Membina Akhlak Penelitian dalam skirpsi ini dilatarbelakangi oleh semakin merosotya nilai-nilai moral dan akhlak siswa seiring dengan perkembangan zaman, sehingga perlu adanya pembinaan akhlak kepada siswa di lembaga pendidikan. Sehingga siswa dapat membentengi diri dari pengaruh buruk lingkungan dan tetap berakhlakul karimah baik dengan teman sebaya atau kepada orang yang lebih tua. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana peran guru Akidah Akhlak dalam membina akhlak siswa di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung? (2) Bagaimana hambatan peran guru Akidah Akhlak dalam membina akhlak siswa di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung? (3) Bagaimana dampak peran guru Akidah Akhlak dalam membina akhlak siswa di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung? Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan peran guru Akidah Akhlak dalam membina akhlak siswa di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung. (2) mendeskripsikan hambatan peran guru Akidah Akhlak dalam membina akhlak siswa di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung. (3) mendeskripsikan dampak peran guru Akidah Akhlak dalam membina akhlak siswa di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung. Skripsi ini bermanfaat bagi kepala sekolah hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi kepala sekolah dalam mengambil kebijakan untuk meningkatkan pembinaan akhlak pada siswa, bagi pendidik hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan referensi bagi guru dalam membina akhlak siswa, dan bagi praktisi pendidikan hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan motivasi untuk ikut serta dalam pembinaan akhlak siswa. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data menggunakan keikutsertaan dan ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat. Dari hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa : (1) Peran guru Akidah Akhlak dalam membina akhlak siswa di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung dengan memberikan penjelasan mengenai pentingnya akhlak dengan menggunakan strategi keteladanan, anjuran dan juga pembiasaan kepada siswa. (2) Hambatan peran guru Akidah Akhlak dalam membina akhlak siswa di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung adalah kemauan diri pada siswa, lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. (3) Dampak peran guru Akidah Akhlak dalam membina akhlak siswa di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung adalah, siswa lebih rajin dalam beribadah, dan juga siswa lebih senang belajar agama Islam.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153334 LINDA RISTIYANTI |
Date Deposited: | 13 Jan 2020 03:54 |
Last Modified: | 13 Jan 2020 03:54 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14218 |
Actions (login required)
View Item |