LAILIYATUL MUAWANAH, 17201153266 (2020) KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK PADA SISWA KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (531kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (114kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Lailiyatul Muawanah, NIM. 17201153266. “Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak pada Siswa Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Tulungagung”, Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Dosen Pembimbing Muhammad Ridhlo Al Qodri Sri Utomo, M.A. Kata kunci: Kreativitas guru, Pembelajaran Aqidah Akhlak Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah lemahnya guru dalam proses pembelajaran yang disebabkan karena kurangnya keprofesionalan guru dalam mendidik dan membimbing. Guru harus kreatif dalam menggunakan metode dan media pada proses pembelajaran, agar siswa mudah memahami materi yang disampaikan. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana kreativitas guru dalam mengembangkan metode pembelajaran Aqidah Akhlak pada siswa kelas VIII di MTsN 7 Tulungagung? (2) Bagaimana kreativitas guru Aqidah Akhlak dalam mengembangkan media pembelajaran Aqidah Akhlak pada siswa kelas VIII di MTsN 7 Tulungagung? (3) Bagaimana kreativitas guru Aqidah Akhlak dalam mengembangkan sumber belajar pembelajaran Aqidah Akhlak pada siswa kelas VIII di MTsN 7 Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kreativitas guru Aqidah Akhlak dalam mengembangkan metode, media, sumber belajar dalam pembelajaran Aqidah Akhlak pada siswa kelas VIII di MTsN 7 Tulungagung. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan metode observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Dalam menganalisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif yang berupa kata-kata, gambar, dan bukan angka, yang nantinya hasil penelitian berupa kutipan-kutipan data yang berasal dari observasi, naskah wawancara, catatan lapangan, foto, dan dokumen lainnya untuk memberikan gambaran penyajian laporan tersebut. Hasil penelitian ini adalah: (1) Kreativitas guru dalam proses pembelajaran Aqidah Akhlak di MTsN 7 Tulungagung mengembangkan metode pembelajaran dengan mengkombinasikan beberapa metode ceramah, metode tanya jawab, metode diskusi, dan metode bermain/role playing yang sesuai dengan karakteristik siswa dan kurikulum 2013. (2) Kreativitas guru dalam proses pembelajaran Aqidah Akhlak di MTsN 7 Tulungagung pengembangan media pembelajaran adalah dengan memanfaatkan media komputer, slide, LCD proyektor dan gambar dalam pembelajaran Aqidah Akhlak yang sesuai dengan materinya. (3) Kreativitas guru dalam proses pemeblajaran Aqidah Akhlak di MTsN 7 Tulungagung pengembangan sumber belajar yang dilakukan guru dalam pembelajaran adalah dengan menggunakan buku paket, modul, masjid, alam dan lingkungan sekitar yang sesuai dengan materi dan mengembangkan materi dengan menyusun Modul melalui tim Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kabupaten Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153266 LAILIYATUL MUAWANAH |
Date Deposited: | 14 Jan 2020 02:30 |
Last Modified: | 14 Jan 2020 02:30 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14243 |
Actions (login required)
View Item |