DEFRAGMENTASI STRUKTUR BERPIKIR SISWA REFLEKTIF DAN IMPULSIF DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BENTUK ALJABAR KELAS VII-A DI MTSN 2 KOTA BLITAR TAHUN AJARAN 2019/2020

KARIMA RIDANI, 17204163275 (2020) DEFRAGMENTASI STRUKTUR BERPIKIR SISWA REFLEKTIF DAN IMPULSIF DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BENTUK ALJABAR KELAS VII-A DI MTSN 2 KOTA BLITAR TAHUN AJARAN 2019/2020. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (650kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (686kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III .pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV .pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (406kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (405kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Defragmentasi Struktur Berpikir Siswa Reflektif dan Impulsif dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bentuk Aljabar Kelas VII-A di MTsN 2 Kota Blitar Tahun Ajaran 2019/2020” yang ditulis Karima Ridani, NIM. 17204163275, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, pembimbing: Dr. Sutopo, M.Pd. Kata Kunci: Defragmentasi, Struktur Berpikir, Reflektif-Impulsif, Soal Cerita Bentuk Aljabar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan yaitu pemahaman konsep kurang khususnya dalam pemahaman konsep tentang operasi penjumlahan dan perkalian yang sering tertukar, kesulitan dalam mengubah soal cerita ke bentuk matematisnya, prosedur pengerjaan siswa yang masih rancu. Oleh karena itu, peneliti melakukan pemberian defragmentasi kepada siswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan masalah. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan defragmentasi siswa reflektif dalam memecahkan masalah pada soal cerita bentuk aljabar kelas VII-A di MTsN 2 Kota Blitar 2) Untuk mendeskripsikan defragmentasi siswa impulsif dalam memecahkan masalah matematika pada soal cerita bentuk aljabar kelas VII-A di MTsN 2 Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, peneliti bertindak sebagai instrument sekaligus pengumpul data serta mengamati. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes MFFT (Matching Familiar Figure Test), soal cerita bentuk aljabar, dan wawancara. Pemberian soal cerita bentuk aljabar dan wawancara digunakan untuk mengetahui lebih dalam fragmentasi apa yang terjadi pada siswa dalam menyelesaikan masalah sehingga dapat dilakukan pemberian defragmentasi yang sesuai. Untuk melakukan analisis data, peneliti melakukan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa reflektif melakukan kesalahan dalam mengontruksi konsep variabel sehingga salah dalam mengasumsikan suatu variabel, siswa impulsif melakukan kesalahan dalam mengontruksi konsep variabel sehingga salah dalam mengasumsikan suatu variabel. Siswa impulsif juga masih kesulitan dalam mengubah soal cerita ke dalam bentuk matematisnya. Sehingga siswa impulsif lebih memilih menyelesaikan soal dengan cara pintas. Pemberian defragmentasi kepada siswa reflektif dan impulsif dalam menyelesaikan soal cerita bentuk aljabar dilakukan menggunakan langkah-langkah scanning yaitu menggambarkan struktur berpikir siswa, check some error yaitu mengidentifikasi masalah yang dialami siswa dalam menyelesaikan masalah matematika, dan repairing yaitu proses pemberian defragmentasi (penataan struktur berpikir). Dalam repairing terjadi 3 proses utama yakni disequilibrasi,conflict cognitive dan scaffolding. Dalam hal ini disequilibrasi dapat dimunculkan dengan memberikan intervensi berupa pertanyaan yang akan mengakibatkan ketidakseimbangan dalam memperoleh informasi sehingga timbul conflict cognitive pada diri siswa. Conflict cognitive ditandai dengan siswa mengalami keraguan dan terlihat mempertanyakan atas informasi yang diperoleh, keraguan dalam diri siswa ini yang akan menjadi awal dari pemberian scaffolding guna mengaitkan konsep yang awalnya terpisah-pisah atau belum lengkap.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163275 KARIMA RIDANI
Date Deposited: 28 Feb 2020 01:49
Last Modified: 28 Feb 2020 01:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14609

Actions (login required)

View Item View Item