SITI NURIYAH, 17206163073 (2020) STRATEGI GURU DALAM MENANGANI ANAK HIPERAKTIF DI CAHAYA HATI CENTER PERUMAHAN JEPUN PERMAI I TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2019/2020. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (589kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (424kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (809kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (740kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (470kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (390kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (322kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Nuriyah, Siti, 2020. 17206163073. Strategi Guru dalam Menangani Anak Hiperaktif di Cahaya Hati Center PJP I (Perumahan Jepun Permai) I Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Isntitut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing SkripsiAnissatul Mufarokah, S.Ag., M.Pd Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa siswa hiperaktif atau ADHD cenderung lebih aktif jika dibandingkan dengan siswa lainnya ketika proses pembelajaran dikelas, sulit untuk berkonsentrasi dalam belajar. Bahkan selalu mengganggu teman lain dan sulit untuk bekerja sama dengan temannya. Oleh karena itu Guru harus mempunyai strategi pembelajaran yang tepat dalam rangka menyajikan dan memantapkan bahan pelajaran agar tercapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan : 1)Mendeskripsikan strategi guru menangani anak ADHD dalam belajarnya di sekolah khusus Cahaya Hati Center Tulungagung. 2) Mendeskripsikan strategi guru menangani anak ADHD dalam interaksi sosial dengan temannya di sekolah khusus Cahaya Hati Center Tulungagung. Metode penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dan jenis penelitian ini adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan kriteria kredibilitas data langkahnya yaitu: ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pengecekan sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Strategi guru menangani anak ADHD dalam belajarnyamenggunakan dua pendekatan yaitu pertama, pendekatan perilaku meliputi terapi okupasi, terapi wicara dan terapi sosialisasi dengan menghilangkan perilaku tidak wajar. Kedua, perdekatan farmakologi meliputi terapi biometik (obat, vitamin, mineral, dan food supplements) dan diet makanan yang mengandung glutten dan kasein. (2)Strategi guru menangani anak ADHD dalam interaksi sosial dengan temannya adalah dengan memfokuskan kembali perhatian siswa ADHD ketika sedang mengganggu teman dan juga pemberian kegiatan dengan melibatkan teman sebaya Kata Kunci: Strategi, Anak ADHD
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > PAUD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 17206163073 SITI NURIYAH |
Date Deposited: | 02 Mar 2020 06:51 |
Last Modified: | 02 Mar 2020 06:51 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14657 |
Actions (login required)
View Item |