AHMAD BAIHAKI, 17201163181 (2020) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI MTsN 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (531kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (258kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (733kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (368kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (776kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (517kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (297kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (443kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Akidah Akhlak dalam Membina Akhlakul Karimah Peserta Didik di MTsN 5 Tulungagung” ini ditulis oleh Ahmad Baihaki, NIM. 17201163181, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing Lailatuzz Zuhriyah, M.Fil.I. Kata Kunci: Peran Guru, Membina Akhlakul Karimah Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa peran Guru Akidah Akhlak sangatlah penting dalam membina akhlakul karimah peserta didik. Karena akhlakul karimah erat kaitannya dengan keimanan, salah satunya diwujudkan dengan tingkah laku terpuji. Hal ini merupakan sesuatu yang menarik, karena Guru Akidah Akhlak memberikan perannya dalam membina akhlakul karimah secara langsung kepada peserta didik di sela-sela mata pelajaran akidah akhlak. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran Guru Akidah Akhlak sebagai pendidik dalam membina akhlakul karimah peserta didik di MTsN 5 Tulungagung? (2) Bagaimana peran Guru Akidah Akhlak sebagai motivator dalam membina akhlakul karimah peserta didik di MTsN 5 Tulungagung? (3) Bagaimana peran Guru Akidah Akhlak sebagai teladan dalam membina akhlakul karimah peserta didik di MTsN 5 Tulungagung? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Kemudian untuk mengecek keabsahan data tersebut dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) Peran Guru Akidah Akhlak sebagai pendidik yaitu mendidik peserta didik, selain itu mengembangkan perilaku yang baik melalui pembiasaan untuk saling menyapa, mengucapkan salam dan berjabat tangan dengan guru dalam membina akhlakul karimah peserta didik. (2) Peran Guru Akidah Akhlak sebagai motivator berarti guru berupaya memberikan dorongan, dongkrakan kepada peserta didik, dapat dilakukan dengan cara menceritakan dari tokoh-tokoh inspirasi seperti cerita Rasulullah SAW. (3) Peran Guru Akidah Akhlak sebagai teladan yaitu seorang guru harus memiliki akhlakul karimah baik dari segi perkataan sampai dengan perbuatan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201163181 AHMAD BAIHAKI |
Date Deposited: | 26 Aug 2020 03:47 |
Last Modified: | 26 Aug 2020 03:47 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14790 |
Actions (login required)
View Item |