STRATEGI GURU UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI MAN 3 BLITAR

NAJIB KHOIRUN NIAM, 17201163215 (2020) STRATEGI GURU UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI MAN 3 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (331kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Strategi Guru untuk meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik di MAN 3 BLITAR‟‟, ini ditulis oleh Najib Khoirun Niam (17201163215) Fakultas Tarbiyah dan ilmu keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam dibimbing oleh Dr. Hj Elfi Mu‟awanah, S.Ag, M.pd Kata kunci: Strategi, kedisiplinan Penelitian dalam skripsi dilatarbelakangi oleh fakta yang terjadi yaitu meningkatkan sikap disiplin pada peserta didik membutuhkan proses yang tidak singkat. Dibutuhkan waktu yang lama, bahkan bertahun-tahun agar peserta didik dapat mematuhi semua tata tertib di Madrasah. Kondisi semacam ini telah menumbuhkan inisiatif dan pemikiran dari guru agar semua peserta didik dapat mematuhi semua tata tertib di Madrasah. fokus penelitian adalah 1) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan disiplin belajar peserta didik di MAN 3 Blitar? 2) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan disiplin berpakaian peserta didik di MAN 3 Blitar? 3) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan disiplin lingkungan peserta didik di MAN 3 Blitar? Penelitian ini berdasarkan lokasi sumber datanya termasuk kategori penelitian lapangan, dan ditinjau dari segi sifat-sifat data termasuk dalam penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan mulai reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Unutuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan kehadiran, triagulasi, pembahasan teman sejawat dan klarifikasi dengan informan. Hasil penelitiannya adalah 1) Strategi guru untuk meningkatkan displin belajar adalah guru mengatur jam belajar peserta didik melalui Kegiatan Belajar Mengajar) jam belajar di mulai pada jam 07:00 pagi sampai jam 15:00 sore . 2) Strategi guru untuk meningkatkan disiplin berpakaian adalah guru mengatur prihal ketentuan berpakaian peserta didik di MAN 3 Blitar. Selain itu MAN 3 Blitar mempunyai empat jenis pakaian/sragam . pakaian tersebut harus dipakai sesuai dengan ketentuan hari. 3) Strategi guru untuk meningkatkan disiplin lingkungan adalah guru mencanangkan jumat bersih yang diselenggarakan satu bulan sekali, selain itu guru juga mengadakan lomba kebersihan kelas bagi peserta didik agar peserta didik menjaga kebersihan lingkungan baik ruang dalam kelas maupun lingkungan madrasah, dan disamping itu kebersihan lingkungan madrasah sudah menjadi tugas semua warga madrasah agar tercipta madrasah yang bersih dan akan membuat semua warga madrasah akan menjadi nyaman.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: NAJIB KHOIRUN NIAM 17201163215
Date Deposited: 15 Jul 2020 02:10
Last Modified: 30 Nov 2020 04:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15708

Actions (login required)

View Item View Item