DWI UTAMI KARTIKA PUTRI, 17201163258 (2020) STRATEGI GURU PAI DALAM MEMBINA AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK SMK ISLAM 1 DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (650kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (193kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (43kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (245kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (348kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (646kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (88kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (160kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru PAI dalam Membina Akhlakul Karimah Peserta Didik di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek” ini ditulis oleh Dwi Utami Kartika Putri, NIM 17201163258, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dibimbing oleh Lailatuzz Zuhriyah, M.Fil.I. Kata Kunci: Strategi Guru, Akhlakul Karimah Penelitian ini berangkat dari adanya fenomena yang terjadi pada akhlak peserta didik yang kurang baik di lingkungan sekitar terutama di sekolah. Seperti berkata buruk, mengejek teman, melanggar tata tertib sekolah, merokok, membolos, berkelahi, pacaran dan penggunaan handphone pada saat proses pembelajaran berlangsung. Di sinilah peran guru terutama Guru Pendidikan Agama Islam sangatlah penting untuk membina akhlak peserta didik agar terhindar dari perilaku yang tidak sesuai dengan syariat Islam. Dalam melakukan suatu pembinaan akhlak peserta didik, tentunya seorang guru harus memiliki strategi untuk membina akhlak peserta didik menjadi lebih baik. Penelitian ini mengambil lokus penelitian di SMK Islam 1 Durenan. Melihat adanya peserta didik yang melanggar peraturan yang telah ditetapkan, maka Guru Pendidikan Agama Islam memiliki strategi yang cukup jitu untuk membina akhlak peserta didiknya. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendiskripsikan strategi guru PAI dalam membina akhlakul karimah peserta didik di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. 2) Mendiskripsikan hambatan dalam melaksanakan strategi guru PAI dalam membina akhlakul karimah peserta didik di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. 3) Mendiskripsikan implikasi strategi guru PAI dalam membina akhlakul karimah peserta didik di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, yang bertujuan untuk memaparkan dan menggambarkan suatu data yang diperoleh di lokasi penelitian. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan teknik reduksi, penyajian/pemaparan data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan pengecekan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa: 1) strategi guru PAI dalam membina akhlakul karimah peserta didik di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek meliputi pendampingan, pengawasan, pembiasaan, teladan serta hukuman. 2) hambatan dalam melaksanakan strategi guru PAI dalam membina akhlakul karimah peserta didik di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek meliputi latar belakang siswa yang berbeda-beda, terbatasnya pengawasan dari pihak sekolah, dan kendala yang muncul pada diri peserta didik tersebut. 3) implikasi strategi guru PAI dalam membina akhlakul karimah peserta didik di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek meliputi adanya hubungan baik antara guru dan peserta didik, perubahan sikap dan perilaku peserta didik, adanya komunikasi antara guru dan wali peserta didik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | DWI UTAMI KARTIKA PUTRI 17201163258 |
Date Deposited: | 03 Aug 2020 04:02 |
Last Modified: | 07 May 2021 02:52 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15784 |
Actions (login required)
View Item |