YUYUN INDAH SARI, 17206163034 (2020) STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN NATURALIS ANAK DI TK ALAM MUTIARA UMAT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (462kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (342kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (495kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (552kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (323kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (724kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (428kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (160kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (398kB) |
Abstract
ABSTRAK Yuyun Indah Sari, 17206163034, 2020 “Strategi Guru dalam Mengembangkan Kecerdasan Naturalis Anak di TK Alam Mutiara Umat Tulungagung”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing: Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi Guru, Kecerdasan Naturalis Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam mengenai kecerdasan naturalis anak yang berada di TK Alam Mutiara Umat Tulungagung. Oleh karena itu, diperlukan strategi guru dalam mengembangkan kecerdasan naturalis tersebut, agar kecerdasan naturalis anak dapat berkembang secara optimal. Fokus penelitian skripsi ini adalah: (1) Bagaimana strategi guru dalam mengembangkan kecerdasan naturalis anak melalui pengenalan hewan sekitar di TK Alam Mutiara Umat Tulungagung? (2) Bagaiamana strategi guru dalam mengembangkan kecerdasan naturalis anak melalui pengenalan tumbuhuhan sekitar di TK Alam Mutiara Umat Tulungagung?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui serta mendeskripsikan secara mendalam mengenai strategi guru dalam mengembangkan kecerdasan naturalis anak melalui pengenalan hewan sekitar di TK Alam Mutiara Umat Tulungagung. (2) Untuk mengetahui serta mendeskripsikan secara mendalam mengenai strategi guru dalam mengembangkan kecerdasan naturalis anak melalui pengenalan tumbuhan sekitar di TK Alam Mutiara Umat Tulungagung. Metode pada penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Teknik Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Untuk memeriksa keabsahan temuan, digunakan: (1) Perpanjangan keikutsertaan, (2) Ketekunan atau keajegan pengamat, (3) Triangulasi, (4) Pengecekan atau pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi guru dalam mengembangkan kecerdasan naturalis anak melalui pengenalan hewan sekitar yaitu dengan menggunakan metode ceramah dan metode bercerita, metode diskusi, metode tanya jawab, metode demonstrasi,serta metode karya wisata. (2) Strategi guru dalam mengembangkan kecerdasan naturalis anak melalui pengenalan tumbuhan sekitar yaitu guru menggunakan metode ceramah dan metode bercerita, metode diskusi, metode tanya jawab, metode demonstrasi,serta metode proyek.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > PAUD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | YUYUN INDAH SARI 17206163034 |
Date Deposited: | 30 Jul 2020 00:29 |
Last Modified: | 12 Oct 2020 04:06 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15788 |
Actions (login required)
View Item |