UPAYA GURU AL-QUR’AN HADIS DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH MA’ARIF TULUNGAGUNG

ELVI TRI ASTUTI ROHMAH, 17201163400 (2020) UPAYA GURU AL-QUR’AN HADIS DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH MA’ARIF TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (965kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (376kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (342kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (598kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (864kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (312kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Guru Al-qur‟an Hadis Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa di Madrasah Tsanawiyah Ma‟arif Tulungagung” yang ditulis oleh Elvi Tri Astuti Rohmah, Nim: 17201163400, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Hj. Indah Komsiyah, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Upaya Guru Al-Qur‟an Hadis, Kesulitan Belajar Siswa. Penelitian pada skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena dalam kegiatan belajar mengajar disekolah, sering kali ditemukan siswa-siswi yang mengalami kesulitan belajar Khususnya pada mata pelajaran Al-qur‟an hadis, kesulitan belajar tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor. Kesulitan-kesulitan belajar yang sering dijumpai di sekolah harus segera diatasi sesegera mungkin. Kesulitan belajar siswa sangat berdampak pada keberhasilan belajar siswa itu sendiri. Oleh karena itu, hal ini harus segera dicarikan solusi dari berbagai pihak yang bersangkutan. Pihak yang paling bersangkutan adalah Guru Al-qur‟an hadis. Fokus dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kesulitan belajar dalam mata pelajaran Al-qur‟an hadis yang dihadapi oleh siswa MTs Ma‟arif Tulungagung? (2) Bagaimana upaya guru Al-qur‟an hadis dalam mengatasi kesulitan belajar melalui pengembangan diri siswa MTs Ma‟arif Tulungagung? (3) Bagaimana hambatan sekaligus solusi guru Al-qur‟an hadis dalam upaya mengatasi kesulitan belajar siswa MTs Ma‟arif Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui kesulitan belajar yang dihadapi oleh siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Ma‟arif Tulungagung. (2) untuk mengetahui upaya guru Al-qur‟an hadis dalam mengatasi kesulitan belajar melalui pengembangan diri siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Ma‟arif Tulungagung. (3) untuk mengetahui hambatan sekaligus solusi guru Al-qur‟an hadis dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Ma‟arif Tulungagung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian terletak di Madrasah Tsanawiyah Ma‟arif Tulungagung. Data yang didapatkan oleh peneliti berasal dari, guru Al-qur‟an hadis, guru BK dan siswa. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian: 1) kesulitan yang sering dialami oleh siswa-siswi kelas VIII C pada mata pelajaran Al-qur‟an hadis yaitu: menulis ayat Al-qur‟an dan hadis, membaca ayat Al-qur‟an dan hadis, serta menghafal ayat Al-qur‟an dan hadis, (2) upaya guru Al-qur‟an hadis dalam mengatasi kesulitan belajar melaluipengembangan diri siswa kelas VIII C di Madrasah Tsanawiyah Ma‟arif Tulungagung dengan cara memotivasi siswa agar lebih giat lagi dalam belajar, memberikan pembelajaran tentang pengenalan huruf hijaiyah dalam seni kaligrafi terlebih dahulu kemudian mengelompokkan siswa membuat lukisan bertemakan ayat Al-qur‟an, mendemonstrasikan ayat Al-qur‟an dan hadis secara berulang ulang kemudian menunjuk siswa untuk membaca satu persatu untuk dikoreksi bacaannya, dan yang terakhir guru mendemonstrasikan ayat Al-qur‟an dan hadis dengan cara di potong perkata secara berulang-ulang, sehingga siswa mudah dalam menghafal dalil tersebut, (3) hambatan sekaligus solusi dalam mengatasi kesulitan belajar siswa meliputi: konsentrasi siswa kurang baik solusinya dengan tidak langsung fokus dengan materi yang terkesan monoton, IQ di bawah standar solusinya dengan mengetahui seberapa kemampuan siswa agar dapat menyesuaikan dengan cara belajar, kondisi kelas yang kurang memadai solusinya dengan mengelola kelas dengan baik sebelum memulai pembelajaran, dan kurangnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran saolusinya dengan tidak monoton dalam menyampaikan materi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ELVI TRI ASTUTI ROHMAH 17201163400
Date Deposited: 03 Aug 2020 02:14
Last Modified: 07 May 2021 03:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15870

Actions (login required)

View Item View Item