PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RESOURCE BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQH DI MTs MA’ARIF NU 2 SUTOJAYAN BLITAR

EVINDA WAHYU NUR ARYANTI, 17201163034 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RESOURCE BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQH DI MTs MA’ARIF NU 2 SUTOJAYAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (208kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Resource Based Learning terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fiqh di MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan Blitar” Ini ditulis oleh Evinda Wahyu Nur Aryanti, NIM. 17201163034, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Dr. Agus Purwowidodo,M.Pd. Kata Kunci : Model Pembelajaran Resource Based Learning, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar. Salah satu permasalahan pendidikan yang mengarah pada proses pembelajaran masih menjadi topik pembahasan saat ini. Beberapa pendidik di sekolah masih menggunakan model pembelajaran ekspositori sehingga guru lebih aktif dibandingkan peserta didik dalam proses pembelajaran. Hal ini mengakibatkan rendahnya motivasi belajar peserta didik, sehingga berdampak pada prestasi belajar peserta didik yang belum mencapai KKM. Oleh karena itu perlu adanya pembelajaran yang aktif dan menyenangkan, salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran Resource Based Learning . Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Apakah ada pengaruh model pembelajaran Resource Based Learning terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqh di MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan Blitar. 2) Apakah ada pengaruh model pembelajaran Resource Based Learning terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqh di MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan Blitar . 3) Apakah ada pengaruh model pembelajaran Resource Based Learning terhadap motivasi dan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqh di MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan Blitar Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Resource Based Learning terhadap motivasi belajar peserta didik di MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan Blitar. 2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Resource Based Learning terhadap prestasi belajar peserta didik di MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan Blitar. 3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Resource Based Learning terhadap motivasi dan prestasi belajar peserta didik di MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya Eksperimen Semu (Quasi Experiment), variabel bebas penelitian ini adalah model pembelajaran Resource Based Learning (X), dan variabel terikat penelitian ini adalah motivasi belajar (Y1) dan prestasi belajar (Y2). Populasi dalam penelitianini adalah seluruh peserta didik kelas VII di MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan Blitar yang berjumlah 425 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan peneliti adalah purposive sampling, sampel 59 peserta didik, yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sumber data primer penelitian ini adalah angket dan tes peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu kelas VII J dan kelas VII E, dan data sekunder penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, serta arsip-arsip kegiatan yang relevan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, tes dan dokumentasi. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t-test dan uji MANOVA. Hasil penelitian. 1) Pada rumusan masalah pertama yaitu, apakah ada pengaruh model pembelajaran Resource Based Learning terhapad motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqh di MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan Blitar. Hasil yang diperoleh adalah ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Resource Based Learning terhadap motivasi belajar peserta didik mata pelajaran fiqh di MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan Blitar dibuktikan dengan thitung < ttabel (4140 < 2,002465) dan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. 2) Pada rumusan masalah kedua yaitu, apakah ada pengaruh model pembelajaran Resource Based Learning terhapad prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqh di MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan Blitar. Hasil yang diperoleh adalah ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Resource Based Learning terhadap prestasi belajar peserta didik mata pelajaran fiqh di MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan Blitar dibuktikan dengan thitung < ttabel (4,686 < 2,002465) dan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. 3) Pada rumusan masalah ketiga yaitu, apakah ada pengaruh model pembelajaran Resource Based Learning terhapad motivasi dan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqh di MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan Blitar. Hasil yang diperoleh adalah ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Resource Based Learning terhadap motivasi dan prestasi belajar peserta didik mata pelajaran fiqh di MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan Blitar dibuktikan dengan nilai signifikansi (Sig) 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: EVINDA WAHYU NUR ARYANTI 17201163034
Date Deposited: 18 Aug 2020 04:56
Last Modified: 06 May 2021 03:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15905

Actions (login required)

View Item View Item