AJENG EKA PUTRI, 17204163098 (2020) DIAGNOSIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII-F PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI DI MTs SUNAN KALIJOGO KRANDING MOJO KEDIRI TAHUN AJARAN 2019/2020. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (9MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (228kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (492kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (124kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (106kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (16kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (185kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas VIII-F pada Materi Relasi dan Fungsi di MTs Sunan Kalijogo Kranding Mojo Kediri Tahun Ajaran 2019/2020” ini ditulis oleh Ajeng Eka Putri, NIM. 17204163098, pembimbing Dr. Maryono, M. Pd. Kata kunci : Diagnosis, Kesulitan Belajar Matematika, Relasi dan Fungsi Penelitian ini di latar belakangi oleh karakteristik siswa yang berbeda beda. Dalam proses pembelajaran matematika, setiap siswa tidak selalu menyerap informasi dengan baik. Hal ini akan menimbulkan kesulitan belajar siswa yang berpengaruh terhadap masa depan siswa dan kualitas sumber daya manusia. Selain itu, pandangan siswa bahwa matematika itu sulit semakin membuat siswa mengalami kesulitan belajar matematika. Dalam hal ini, peneliti ingin mendiagnosis kesulitan belajar matematika siswa di MTs Sunan Kalijogo Kranding Mojo Kediri. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui jenis-jenis kesulitan belajar matematika siswa kelas VIII-F pada materi relasi dan fungsi, (2) untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar matematika siswa kelas VIII-F pada materi relasi dan fungsi, dan (3) untuk mengetahui solusi atau alternatif penyelesaian kesulitan belajar matematika siswa kelas VIII-F pada materi relasi dan fungsi. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa dari kelas VIII-F yang berjumlah 50. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus (study casus). Adapun teknik pengumpulan data berupa tes diagnostik, catatan lapangan, dan wawancara. Teknik analisis data adalah (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan peningkatan ketekunan, triangulasi, dan diskusi dengan teman sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kesulitan-kesulitan yang dialami siswa kelas VIII-F MTs Sunan Kalijogo Kranding Mojo Kediri pada materi relasi dan fungsi yaitu (a) kesulitan dalam memahami konsep, kesulitan ini berada pada kategori rendah; (b) kesulitan dalam menerapkan prinsip, kesulitan ini berada pada kategori tinggi; (c) kesulitan menyelesaikan masalah verbal (soal cerita), kesulitan ini berada pada kategori sedang. (2) faktor-faktor yang menyebabkan siswa kelas VIII-F MTs Sunan Kalijogo Kranding Mojo Kediri mengalami kesulitan belajar yaitu (a) faktor intern, antara lain 1) siswa kurang minat terhadap pelajaran matematika; 2) kurangnya pengetahuan siswa tentang pengertian bentuk matematika; 3) siswa kurang mampu memahami maksud soal terutama soal cerita yang menggunakan konsep relasi dan fungsi; 4) siswa kurang mampu menerapkan prinsip relasi dan fungsi; 5) siswa kurang paham dengan konsep relasi dan fungsi seperti penempatan simbol yang kurang tepat; 6) siswa kurang mampu membangun, mengkonstruksi atau mengembangkan pengetahuannya sendiri tentang relasi dan fungsi. (b) faktor ekstern, antara lain 1) kurangnya fasilitas sekolah yang memadai dan menunjang minat serta motivasi siswa untuk belajar; 2) kurangnya motivasi dari orang tua siswa; 3) adanya pengaruh teman sepergaulan. (3) solusi atau alternatif penyelesaian yang dapat dilakukan yaitu (a) teknik scaffolding, (b) tutor sebaya, (c) pembelajaran remedial.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | AJENG EKA PUTRI 17204163098 |
Date Deposited: | 13 Aug 2020 03:42 |
Last Modified: | 31 May 2021 04:34 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16026 |
Actions (login required)
View Item |