PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-QURAN HADITS KELAS VII DI MTsN 5 BLITAR

YUANIT LUMA’ATUS SAADAH, 17201163279 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-QURAN HADITS KELAS VII DI MTsN 5 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (875kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (999kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (401kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (237kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (393kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model pembelajaran Tipe Two Stay Two Stray terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadits Kelas VII di MTsN 5 Blitar” ini ditulis oleh Yuanit Luma’atus Saadah NIM. 17201163279. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung dibimbing oleh Dr. Maryono, M. Pd. NIP. Kata kunci : Model Pembelajaran Two Stay Two Stray, Keaktifan, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Quran Hadits. Peserta didik menganggap mata pelajaran Al-Qur’an Hadits ini sebagai pelajaran yang kurang asyik dan membosankan. Dengan demikian diperlukan perubahan yaitu salah satunya dengan perubahan penerapan model pembelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa mata pelajaran Al-Quran Hadits yaitu model Two Stay Two Stray. Model pembelajaran ini merupakan model pembelajaran yang melatih siswa untuk aktif dan berani mengungkapkan pendapat dengan bekerja sama dengan teman sekelompoknya. Diharapkan dengan model yang baru ini dapat menambah keaktifan dan hasil belajar yang mencapai KKM. Untuk mengukur keaktifan belajar dapat dilihat ketika siswa dapat berantusias, berinteraksi, berpartisipasi, dan bekerjasama dengan baik saat proses pembelajaran baik dengan guru maupun temannya. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Quran Hadits di MTsN 5 Blitar, 2) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Quran Hadits di MTsN 5 Blitar, 3) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Quran Hadits di MTsN 5 Blitar Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 5 Blitar berjumlah 197 siswa. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen sebanyak 30 siswa dan kelas VII D sebagai kelas kontrol sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data : 1) Observasi, 2) Tes, 3) Dokumentasi. Teknik analisis data hasil observasi keaktifan belajar dan tes hasil belajar menggunakan uji manova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Quran Hadits Kelas VII di MTsN 5 Blitar, diperoleh nilai signifikansi dari Tests of Between-Subjects Effects sebesar 0,010. Sig.(2-tailed) 0,010 < 0,05, 2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Quran Hadits kelas VII di MTsN 5 Blitar, Diperoleh nilai signifikansi dari Tests of Between-Subjects Effects sebesar 0,038. Sig.(2-tailed) 0,038 < 0,05, 3) Terdapat pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Quran Hadits kelas VII di MTsN 5 Blitar, Nilai Sig. dari Pillai’s Trace, Wilks’ Lambda, Hotelling’s Trace, dan Roy’s Largest Root adalah 0,004 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: YUANIT LUMA’ATUS SAADAH 17201163279
Date Deposited: 14 Aug 2020 03:14
Last Modified: 07 May 2021 03:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16043

Actions (login required)

View Item View Item