ALINA KHOIRUL BARIYYAH, 17204163021 (2020) PENGARUH KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN PEMECAHAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA KELAS VII SMP NEGERI 1 SUMBERGEMPOL TAHUN AJARAN 2019/2020. [ Skripsi ]
Text
Cover.pdf Download (2MB) |
||
Text
Abstrak.pdf Download (510kB) |
||
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (437kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (584kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (800kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (942kB) | Preview |
|
Text
Bab IV.pdf Download (796kB) |
||
Text
Bab V.pdf Download (566kB) |
||
Text
Bab VI.pdf Download (412kB) |
||
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (406kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Kemampuan Representasi Matematis dan Pemecahan Masalah terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Segiempat dan Segitiga Kelas VII SMP Negeri 1 Sumbergempol Tahun Ajaran 2019/2020” ini ditulis oleh Alina Khoirul Bariyyah (17204163021) Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Dra. Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D. Kata Kunci : Kemampuan Representasi Matematis, Kemampuan Pemecahan Masalah, dan Hasil Belajar. Pembelajaran matematika di kelas masih banyak yang menekankan pemahaman kepada siswa tanpa memberikan kesempatan kepada siswa untuk mencoba merepresentasikan pemahamannya. Sehingga kemampuan representasi matematis siswa belum berkembang dengan baik. Kemampuan representasi matematis merupakan kemampuan dalam menyampaikan ide-ide, solusi dan pendapatnya mengenai suatu permasalahan matematis dalam bentuk gambar, notasi matematis, dan kata-kata atau teks tertulis. Selain kemampuan representasi matematis, untuk memaksimalkan pembelajaran matematika kemampuan pemecahan masalah juga sangat dibutuhkan. Kemampuan pemecahan masalah adalah kemampuan untuk menyelesaikan atau mendapatkan solusi atau jawaban atas suatu permasalahan yang dihadapi dengan menggunakan pemahaman atau pengetahuan yang telah dimiliki sebelumnya. Kemampuan representasi matematis dan pemecahan masalah dapat berdampak positif terhadap hasil belajar siswa di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Tujuan dari penelitian ini untuk menguji pengaruh kemampuan representasi matematis dan pemecahan masalah terhadap hasil belajar matematika siswa di SMP Negeri 1 Sumbergempol pada materi Segiempat dan Segitiga. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan representasi matematis, tes kemampuan pemecahan masalah, dan tes hasil belajar. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif kemampuan representasi matematis terhadap hasil belajar, dengan signifikansi sebesar 0,000 (2) terdapat pengaruh positif kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar, dengan signifikansi sebesar 0,001 dan (3) terdapat pengaruh kemampuan representasi masalah dan pemecahan masalah terhadap hasil belajar, dengan signifikansi sebesar 0,000 dan tingkat pengaruh sebesar 93,8%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Alina Khoirul Bariyyah 17204163021 |
Date Deposited: | 24 Aug 2020 02:11 |
Last Modified: | 31 May 2021 06:53 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16127 |
Actions (login required)
View Item |