SITI NURKHASANAH, 17201163244 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MEDIA VISUAL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (428kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (361kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (417kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (377kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (245kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan Media Visual terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 3 Kalidawir Tulungagung”. Ditulis oleh Siti Nurkhasanah, NIM. 17201163244, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing Bapak Germino Wahyu Broto, NIP. 19800301 201403 1 001 Kata kunci: Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT), Motivasi Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Kalidawir dapat dikatan masih rendah, sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Rendahnya motivasi belajar siswa dapat dilihat melalui perilaku tidak konsentrasi ketika di kelas, seperti mengantuk, kurang memperhatikan guru. Sehingga siswa kurang memahami materi yang disampaikan guru. Dengan demikian akan berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan media visual terhadap motivasi belajar siswa di SMPN 3 Kalidawir Tulungagung? (2) Apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan media visual terhadap hasil belajar siswa di SMPN 3 Kalidawir Tulungagung? Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menjelaskan pengaruh penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan media visual terhadap motivasi belajar siswa di SMPN 3 Kalidawir Tulungagung. (2) Menjelaskan pengaruh penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan media visual terhadap hasil belajar siswa di SMPN 3 Kalidawir Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian ekperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 3 Kalidawir Tulungagung yang berjumlah 152 siswa. Selanjutnya sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel didasarkan pada tujuan yang ditetapkan oleh peneliti. Pengambilan sampel ini mendapat selain didasarkan pada tujuan peneliti juga mendapat arahan dari guru yaitu kelas VIII C dan Kelas VIII E dengan jumlah 59 siswa. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan skala, tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan uji t-test menggunakan program SPSS 16.0 for Woindows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together dengan media visual terhadap motivasi dan hasil belajar siswa dengan hasil hitung sebagai berikut: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan media visual terhadap motivasi belajar siswa di SMP Negeri 3 Kalidawir Tulungagung dengan nilai Sig. 0,003 < 0,05, (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan media visual terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 3 Kalidawir Tulungagung dengan nilai Sig. 0,018 < 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | SITI NURKHASANAH 17201163244 |
Date Deposited: | 26 Aug 2020 06:11 |
Last Modified: | 07 May 2021 02:51 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16192 |
Actions (login required)
View Item |