PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL QURAN HADITS SISWA KELAS IV MI AL HIKMAH MELIS GANDUSARI TRENGGALEK

MA'RIFATUL, LAILIYAH (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL QURAN HADITS SISWA KELAS IV MI AL HIKMAH MELIS GANDUSARI TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match untuk meningkatkan hasil belajar Al-Quran Hadits siswa kelas IV MI Al-Hikmah Melis Gandusari Trenggalek”. Ini ditulis Ma’rifatul Lailiyah, NIM: 3217113065, dibimbing oleh Fathul Mujib, M.Pd.I Kata kunci: Model Pembelajaran, Kooperatif, Make a Match, Hasil Belajar, Al Quran Hadits. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa peserta didik di MI Al Hikmah Melis sering merasa kurang tertarik pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik. Seperti pada mata pelajaran Al-Quran hadits hasil belajar peserta didik relatif rendah, kondisi tersebut disebabkan oleh: 1) Kurangnya perhatian peserta didik terhadap materi yang disampaikan karena bosan dengan model pembelajaran yang monoton, 2) Penggunaan metode ceramah dalam pembelajaran al quran hadits sering kali terlalu dominan, sehingga peserta didik kurang aktif terlibat dalam pembelajaran, 3) dalam proses belajar mengajar selama ini hanya sebatas pada upaya manjadikan peseta didik mampu dan terampil dalam mengerjakan soal-soal yang ada, sehingga pembelajaran yang berlangsung kurang bermakna dan terasa membosankan bagi peserta didik. Kondisi seperti itulah yang ditemukan di Madrasah Ibtidaiyah Al Hikmah Melis. Oleh karena itu peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam meningkatkan hasil belajar Al quran hadits pada pokok bahasan surat al lahab. Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas IV di MI Al-Hikmah Melis Trenggalek? 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas IV di MI Al-Hikmah Melis Trenggalek? Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam PTK tahap penelitian terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Untuk mengetahui peningkatan pada waktu tindakan, dan setelah tindakan dilakukan. Penelitian ini menggunakan dua siklus tindakan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan: observasi, catatan lapangan, wawancara, tes, dan dokumentasi.. Hasil penelitian yang telah dilakukan adalah sebagai berikut: 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match mata pelajaran al quran hadits pokok bahasan surat al lahab. 2) Hasil pembelajaran menunjukkan mengalami peningkatan. Pada tes awal (pre test) nilai rata-rata siswa mencapai 60,62 dengan ketuntasan belajar 25 %, meningkat menjadi 75 dengan ketuntasan belajar 62,5% pada post test siklus 1, dan meningkat lagi menjadi 86,25 dengan ketuntasan belajar 81,25 % pada post test siklus 2.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Ma'rifatul Lailiyah
Date Deposited: 03 Aug 2015 03:37
Last Modified: 03 Aug 2015 03:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1624

Actions (login required)

View Item View Item