Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Arab Peserta Didik kelas III MI Ma'arif Gendingan Kedungwaru Tulungagung

ruji, ayub (2015) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Arab Peserta Didik kelas III MI Ma'arif Gendingan Kedungwaru Tulungagung. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bagian awal.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DARTAR RUJUKAN ayub.pdf

Download (22kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab Peserta didik Kelas III MI Ma’arif Gendingan Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015” yang ditulis oleh Ruji Ayub, NIM. 3217113112, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah , Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Pembimbing: Muhamad Zaini, M.A. Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fakta bahwa dalam kegiatan belajar mengajar di Madrasah Ibtidaiyah Gendingan siswa mengalami kesulitan belajar terlebih pada mata pelajaran Bahasa Arab. Karena metode yang digunakan kurang kreatif dan menyenangkan. Untuk bisa mempelajari sesuatu dengan baik, kita perlu mendengar, melihat, mengajukan pertanyaan tentangnya, dan membahasnya dengan orang lain. Bukan hanya itu, siswa perlu mengerjakannya, yakni menggambarkan sesuatu dengan cara mereka sendiri, menunjukkan contohnya, mencoba mempraktekkan keterampilan dan mengerjakan tugas yang menuntut pengetahuan yang telah mereka dapatkan. Menyikapi permasalahan tersebut, perlu diterapkan metode mengajar yang dapat meningkatkan kerjasama. Metode Snowball Throwing sebagai salah satu metode belajar yang menjadikan pembelajaran lebih kreatif, diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab materi di kebun. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana kemampuan kerjasama melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada mata pelajaran Bahasa Arab pada materi في البستان (di kebun) pada peserta didik kelas III MI Ma’arif Gendingan Kedungwaru Tulungagung?, 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar Bahasa Arab pada materi في البستان (di kebun) bagi peserta didik kelas III MI Ma’arif Gendingan Kedungwaru Tulungagung dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing? Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk Menjelaskan kemampuan kerjasama melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada mata pelajaranBahasa Arab peserta didik kelas III MI Ma’arif Gendingan Kedungwaru Tulungagung., 2) Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Arab peserta didik kelas III MI Ma’arif Gendingan Kedungwaru Tulungagungmelalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), sebanyak dua siklus. Subjek penelitian adalah Siswa kelas III MI Ma’arif Gendingan tahun ajaran 2014/ 2015 yang terdiri dari 36 siswa. Instrument yang digunakan peneliti adalah tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, wawancara dan dokumentasi. Indicator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi siswa mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai. Setelah dilakukan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran menggunakan metode Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar pada materi pokok di kebun siswa kelas III MI Ma’arif Gendingan Kedungwaru Tulungagung. Dari hasil analisis data, diketahui bahwa rata-rata hasil pre test 58.88, pada siklus I menjadi 73.61, dan pada siklus II naik menjadi 86.94. Tingkat ketuntasan belajar juga meningkat dari 52.77%, pada siklus I menjadi 72.22% dan pada siklus II naik menjadi 88.88%. Setelah peneliti mengadakan penelitian dengan menggunakan metode pembelajaran diatas. Berdasarkan paparan data, temuan peneliti, dan pembahasan yang telah diuraikan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Snowball Throwing dalam kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Arab siswa kelas III MI Ma’arif Gendingan Kedungwaru Tulungagung tahun ajaran 2014/2015.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Ruji Ayub
Date Deposited: 17 Sep 2015 03:06
Last Modified: 17 Sep 2015 03:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1638

Actions (login required)

View Item View Item