TRISNASARI, YUNITA (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SISWA KELAS V MIN TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
1- Halaman Sampul.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text
2- Halaman Judul.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text
3- Halaman Persetujuan Pembimbing sampai Daftar Lampiran.pdf Download (367kB) | Preview |
|
|
Text
4- Abstrak.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text
5- BAB I.pdf Download (151kB) | Preview |
|
Text
6- BAB II.pdf Download (298kB) |
||
|
Text
7- BAB III.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
8- BAB IV.pdf Download (588kB) | Preview |
|
|
Text
9- BAB V.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
10- Daftar Rujukan.pdf Download (137kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tunggangri Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Yunita Trisnasari NIM. 3217113108 dibimbing oleh Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT), Hasil Belajar. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam kegiatan pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tunggangri siswa lemah dalam penguasaan serta pemahaman terhadap materi yang diajarkan guru, khususnya Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Karena siswa selalu diberi pembelajaran dengan metode yang membuat siswa kurang berkembang, sehingga dapat mengakibatkan hasil belajar siswa kurang memuaskan. Menyikapi permasalahan tersebut, perlu dikembangkan model pembelajaran yang tepat dan efektif. Model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) sebagai salah satu model belajar yang menjadikan pembelajaran lebih efektif, kreatif, dan menyenangkan karena siswa terlibat aktif dengan lingkungannya dalam pembelajaran. Sehingga, diharapkan dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi cahaya dan sifat-sifatnya mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana langkah-langkah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pokok bahasan Cahaya dan Sifat-sifatnya siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tunggangri Kalidawir Tulungagung ? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pokok bahasan Cahaya dan Sifat-sifatnya siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tunggangri Kalidawir Tulungagung dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT)? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi Cahaya dan Sifat-sifatnya siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri tunggangri Kalidawir Tulungagung.. (2) Untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi Cahaya dan Sifat-sifatnya siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tunggangri Kalidawir Tulungagung dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi cahaya dan sifat-sifatnya. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dokumentasi, dan angket. Analisis data yang digunakan mencakup mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi siswa minimal mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal 75. Langkah-langkah penerapan model kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) yaitu : Guru menjelaskan materi. Guru mengumumkan pembagian kelompok dan meminta siswa untuk duduk sesuai dengan kelompoknya. Guru membagi lembar kelompok. Guru meminta perwakilan kelompok untuk presentasi. Guru memberi umpan balik. Guru meminta siswa untuk duduk dalam kelompok akademik. Guru membagikan soal tournament. Guru menjelaskan aturan main tournament. Pelaksanaan tournament. Penghitungan Skor. Pengumuman juara kelompok. Guru memberikan motivasi dan kesimpulan. Hasil penelitian didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan, hal ini dibuktikan dari hasil Pre Test, siklus I dan siklus II dengan nilai rata-rata Pre Test 77,58 (65,51%), pada siklus I 90,00 (82,75%), dan pada siklus II 91,37 (100%). Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tunggangri Kalidawir Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | YUNITA TRISNASARI |
Date Deposited: | 07 Sep 2015 03:36 |
Last Modified: | 07 Sep 2015 03:36 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1643 |
Actions (login required)
View Item |