OVI PRATITI SETYAVIANI, 17201163359 (2020) STRATEGI GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA AL-QUR’AN SISWA DI MTsN 2 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (398kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (580kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (199kB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Download (382kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (311kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (225kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi guru Al-Qur’an hadits dalam meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an siswa di MTsN 2 Blitar” ini ditulis oleh Ovi Pratiti Setyaviani, NIM. 17201163359, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam, pembimbing Dr. H. Nursamsu, S.Pd.I, M.Pd. Kata kunci: Strategi guru, Kemampuan baca Al-Qur’an Penelitian ini dilatar belakangi oleh munculnya berbagai teknologi internet yang semakin canggih dan secara tidak langsung hal tersebut dapat mempengaruhi peserta didik dalam belajar terkhusus dalam belajar membaca Al-Qur’an. Di MTsN 2 Blitar terdapat beberapa anak yang belum mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti faktor intern dan eksteren. Maka dari itu dibutuhkan strategi guru untuk memberikan dorongan serta motivasi kepada peserta didik dalam meningkatkan kemampuan baca al-Qur’an. Fokus penelitian dalam penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi guru Al-Qur’an hadits dalam meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an siswa di MTsN 2 Blitar?. (2) Bagaimana dampak strategi guru Al-Qur’an hadits untuk meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an siswa di MTsN 2 Blitar?. (3) Bagaimana hambatan guru Al-Qur’an hadits dalam meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an siswa di MTsN 2 Blitar?. Metode penelitian dalam skripsi ini bersifat deskriptif kualitatif berupa kata kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Tehnik pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan.pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan atau keajegaan pengamatan, triangulasi dan pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian ini dapat diuraikan sebagai berikut: (1) memilih dan menerapkan strategi pembelajaran, menggunakan metode dan evaluasi pembelajaran. Strategi yang diterapkan adalah strategi Ekspositori, metode yang digunakan adalah metode ceramah dan demonstrasi, dan evaluasi pembelajaran berupa tes yang kemudian dituangkan dalam bentuk nilai. (2) dampak positif adalah siswa lebih fokus dalam pembelajaran, dampak negatif adalah memunculkan rasa tidak percaya diri dalam diri siswa. (3) hambatan disebabkan karena dua faktor, pertama intern (dari dalam) yaitu siswa tidak memperhatikan saat proses pembelajaran,kurangnya minat dari diri siswa. Kedua faktor ekstren (dari luar) yaitu kurangnya dorongan dari keluarga (orang tua).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 172011 63359 OVI PRATITI SETYAVIANI |
Date Deposited: | 15 Sep 2020 04:38 |
Last Modified: | 15 Sep 2020 04:39 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16545 |
Actions (login required)
View Item |