PENERAPAN METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MIN KOLOMAYAN WONODADI BLITAR

CAHYANINGRUM, ADIN WULAN (2015) PENERAPAN METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MIN KOLOMAYAN WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
bagian awal.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
bab I.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab II.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab III.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab IV.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab V.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar rujukan.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Adin Wulan Cahyaningrum: Penerapan Metode Student Team Achievement Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V MIN Kolomayan Wonodadi Blitar. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Muhamad Zaini,MA. Kata kunci: Metode Student Team Achievement Divisions (STAD), Hasil Belajar. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa kelas V MIN Kolomayan Wonodadi Blitar dalam pembelajaran Matematika yang masih rendah. Hal ini dikarenakan metode pembelajaran yang digunakan masih konvensional, di mana saat proses pembelajaran berlangsung gurulah yang cenderung lebih aktif dan siswa hanya pasif, sehingga siswa merasa cepat bosan. Akibatnya, hasil belajar siswa kurang baik. Berangkat dari permasalahan inilah peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan metode Student Team Achievement Divisions (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan perbandingan dan skala pada siswa kelas V MIN Kolomayan Wonodadi Blitar. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode Student Team Achivement Divisions (STAD) pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan penggunaan pecahan dalam masalah perbandingan dan skala siswa kelas V MIN Kolomayan Wonodadi Blitar tahun pelajaran 2014/2015? (2) Apakah ada peningkatan hasil belajar Matematika pokok bahasan penggunaan pecahan dalam masalah perbandingan dan skala pada siswa kelas V MIN Kolomayan Wonodadi Blitar dengan diterapkannya metode Student Team Achivement Divisions (STAD) tahun pelajaran 2014/2015? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan metode Student Team Achivement Divisions (STAD) pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan penggunaan pecahan dalam masalah perbandingan dan skala pada siswa kelas V MIN Kolomayan Wonodadi Blitar tahun ajaran 2014/2015. (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika pokok bahasan penggunaan pecahan dalam masalah perbandingan dan skala pada siswa kelas V MIN Kolomayan Wonodadi Blitar dengan diterapkannya metode Student Team Achivement Divisions (STAD) tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini bermanfaat bagi Kepala MIN Kolomayan Wonodadi Blitar sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pengajaran yang optimal, bagi guru Madrasah Ibtidaiyah Negri Kolomayan Wonodadi Blitar untuk mempermudah penyampaian bahan ajar, bagi siswa Madrasah Ibtidaiyah Negri Kolomayan Wonodadi Blitar dapat dijadikan sebagai motivasi dalam belajar untuk meningkatkan hasil belajarnya, bagi peneliti lain dapat dijadikan sebagai bahan masukan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Yang menjadi subyek penelitian adalah siswa kelas V MIN Kolomayan Wonodadi Blitar dengan jumlah 21 siswa. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yaitu apabila penguasaan materi siswa mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa metode Student Team Achivement Divisions (STAD) melalui langkah – langkah kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V MIN Kolomayan Wonodadi Blitar. Peningkatan hasil belajar dapat dibuktikan dengan nilai siswa yang semakin membaik. Nilai rata-rata siswa pada tes formatif siklus I yaitu 76,14 dengan persentase ketuntasan belajar 61,9%. Kemudian nilai rata-rata siswa pada siklus II meningkat menjadi 90,14 dengan persentase ketuntasan belajar 90,48%. Data tersebut membuktikan, bahwa penerapan metode student team achivement divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V MIN Kolomayan Wonodadi Blitar Tahun ajaran 2014/2015.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: ADIN WULAN CAHYANINGRUM
Date Deposited: 02 Jul 2015 04:01
Last Modified: 02 Jul 2015 04:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1663

Actions (login required)

View Item View Item