Laili Nurul Fitriyah, 17204163086 (2020) Proses Berpikir Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Berdasarkan Teori Van Hiele Kelas Viii I Smpn 3 Kedungwaru. [ Skripsi ]
|
Text
Cover.pdf Download (363kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (401kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (510kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (602kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (415kB) | Preview |
|
|
Text
Bab IV.pdf Download (739kB) | Preview |
|
|
Text
Bab V.pdf Download (431kB) | Preview |
|
|
Text
Bab VI.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (104kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Laili Nurul Fitriyah, 17204163086, Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Berdasarkan Teori Van Hiele Kelas VIII I SMPN 3 Kedungwaru, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing Dra. Hj. Umy Zahroh, M.Kes.,Ph.D. Kata Kunci: Proses Berpikir, geometri, Teori Van Hiele Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perbedaan proses berpikir siswa yang memungkinkan adanya perbedaan dalam memahami konsep dan materi matematika khususnya materi geometri. Dalam hal ini peneliti berusaha memgatasi permasalahan tersebut menggunakan tahapan Teori Van Hiele yang sesuai dengan tahapan berpikir geometri, dengan memberikan tes pada siswa dengan harapan mengetahui tahapan berpikir siswa, sehingga tidak ada perbedaan pemahaman konsep dan materi geometri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahhui (1) Bagaimana proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah Geometri berdasarkan Teori Van Hiele pada siswa berkemampuan tinggi, (2) Bagaimana proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah Geometri berdasarkan Teori Van Hiele pada siswa berkemampuan sedang, (3) Bagaimana proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah Geometri berdasarkan Teori Van Hiele pada siswa berkemampuan rendah. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis dan wawancara, kemudian dianalsis. Lokasi penelitian terletak di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung. Metode pengumpulan data yang digunakan pada siswa kelas VIII I, setelah tes tertulis dan menentukan nilai rata-rata siswa, diambil 6 siswa yang memenui kategori jenis kemampuan matematika. Hasil tes dianalisis tahapan berpikir siswa berdasarkan teori Van Hiele meliputi tahap 0 visualisasi, tahap 1 analisis, tahap 2 deduksi informal, dan dikuatkan dengan hasil wawancara siswa. Aanalisis data dilakukan melalui tahaap reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verivikasi . Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah Geometri berdasarkan Teori Van Hiele pada siswa berkemampuan tinggi, mampu mencapai 3 tahap Teori Van Hiele, yakni tahap 0 (visualisasi), tahap 1 (analisis), dan tahap 2 (deduksi informal). (2) Proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah Geometri berdasarkan Teori Van Hiele pada siswa berkemampuan sedang mampu mencapai 2 tahap Teori Van Hiele, yakni tahap 0 (visualisasi), dan tahap 1 (analisis). (3) Proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah Geometri berdasarkan Teori Van Hiele pada siswa berkemampuan rendah hanya mampu mencapai satu tahap Teori Van Hiele, yakni tahap 0 (visualisasi).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 17204163086 Laili Nurul Fitriyah |
Date Deposited: | 21 Sep 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Mar 2021 03:05 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16644 |
Actions (login required)
View Item |