ANNISA RISMA DEVI, 17201163249 (2020) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) DI MA SYEKH SUBAKIR NGLEGOK BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (933kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (516kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (415kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (618kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (393kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (546kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (416kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik terhadap Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MA Syekh Subakir Nglegok Blitar” ini ditulis oleh Annisa Risma Devi, NIM. 17201163249, Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung 2020, Dosen Pembimbing Dra. Hj. St. Noer Farida Laila, MA. Kata Kunci : Strategi Guru, Minat Belajar Penelitian dilakukan di MA Syekh Subakir Nglegok Blitar yang merupakan Madrasah Aliyah yang berbeda dengan lainnya, dimana dalam Madrasah Aliyah ini Berbasis Pesantren dalam membentuk Karakter Spiritual peserta didiknya. Selain itu juga berbagai prestasi Akademik dan Non Akadesmik pernah diraih oleh sekolah ini. Pembangunan serta pembaharuan system disetiap tahunnya juga menjadi sorotan masyarakat agar mereka percaya bahwa anak-anak mereka memanglah pantas di Sekolahkan di MA Syekh Subakir Nglegok Blitar ini. Dalam kenyataan di lapangan, pelajaran SKI merupakan mata pelajaran yang jarang diminati oleh peserta didik. Sudah menjadi rahasia umum bahwa banyak peserta didik memandang mata pelajaran SKI sangat kurang menyenangkan dan membosankan. Tetapi pada lokasi penelitian ini seorang guru dapat menarik perhatian peserta didiknya yaitu dimana cara guru menyampaikan materi dengan adanya kesediaan merubah suasana kelas agar peserta didik tidak merasa jenuh berdasarkan dengan strategi pengorganisasian, penyampaian dan pengelolaan menurut Reigeluth. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana strategi pengorganisasian guru dalam meningkatkan minat belajar peserta didik terhadap mata pelajaran SKI di MA Syekh Subakir Nglegok Blitar ? 2) Bagaimana strategi penyampaian guru dalam meningkatkan minat belajar peserta didik terhadap mata pelajaran SKI di MA Syekh Subakir Nglegok Blitar ? 3) Bagaimana strategi pengelolaan guru dalam meningkatkan minat belajar peserta didik terhadap mata pelajaran SKI di MA Syekh Subakir Nglegok Blitar ? Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data utama (primer) adalah Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, Guru SKI dan peserta didik dan sumber data kedua (sekunder) adalah dokumen dari kegiatan - kegiatan observasi di lapangan yang berkaitan dengan strategi guru dalam meningkatkan minat belajar peserta didik terhadap mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) yaitu berupa RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang di susun oleh guru SKI. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, pengamatan berperanserta dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan versi Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan atau verifikasi.Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi, perpanjangan keikutsertaan, ketekunan / keajegan pengamatan, dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Dari hasil penelitian penulis dapat menyimpulkan, pertama : Strategi Pengorganisasian terbagi menjadi dua (2), yaitu : (1) Strategi Mikro yaitu menerapkan konsep presentasi dan (2) Strategi Makro yaitu menerapkan komunikasi yang baik dengan peserta didik, konsep penyusunan makalah dan pendekatan dengan peserta didik. Kedua : Strategi Penyampaian terbagi menjadi tiga (3), yaitu : (1) Media Pembelajaran yaitu menggunakan media berbasis manusia, media berbasis cetakan, media berbasis audio visual dan media berbasis komputer (2) Interaksi Peserta Didik dengan Media yaitu mampu menimbulkan antusias peserta didik dan interaksi peserta didik dengan guru menjadi dekat dan (3) Bentuk (Struktur) Belajar Mengajar yaitu menerapkan bentuk kelompok dan bentuk individu. Ketiga : strategi pengelolaan terbagi menjadi empat (4), yaitu : (1) Penjadwalan Penggunaan Strategi Pembelajaran yaitu menerapkan metode presentasi dan metode cerita (kisah), (2) Pembuatan Catatan Kemajuan Belajar Peserta Didik yaitu menerapkan penilaian spiritual, sosial, ketrampilan dan pengetahuan dan tambahan nilai, (3) Pengelolaan Motivasional yaitu menerapkan pengarahan kegunaan penyusunan makalah dan bimbingan klasikal dan (4) Kontrol Belajar yaitu menerapkan membangun kedekatan dengan peserta didik dan penilaian yang lebih.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201163249 ANNISA RISMA DEWI |
Date Deposited: | 23 Sep 2020 03:17 |
Last Modified: | 23 Sep 2020 03:17 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16700 |
Actions (login required)
View Item |