KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH ARITMETIKA SOSIAL DI KELAS VII SMP MADINATUL ULUM JOMBANG

MUHAMAD FARID UBAIDILLAH, 17204163199 (2020) KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH ARITMETIKA SOSIAL DI KELAS VII SMP MADINATUL ULUM JOMBANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (745kB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (462kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (938kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab VI.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (319kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Keterampilan Metakognitif Siswa dalam Pemecahan Masalah Aritmetika Sosial di Kelas VII SMP Madinatul Ulum Jombang” ini ditulis oleh Muhamad Farid Ubaidillah, NIM. 17204163199, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata kunci: Keterampilan Metakognitif, Pemecahan Masalah, Aritmatika Sosial. Kemampuan pemecahan masalah dalam matematika yang dimiliki oleh setiap siswa berbeda, walaupun permasalahan yang dihadapi sama. Aktivitas metakognitif sangat berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Dalam hal ini peneliti mendeskripsikan keterampilan metakognitif siswa dalam memecahkan masalah aritmetika sosial di kelas VII SMP Madinatul Ulum. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan keterampilan metakognitif siswa berkemampuan matematika tinggi dalam pemecahan masalah aritmetika sosial di kelas VII SMP Madinatul Ulum Jombang. 2) Mendeskripsikan keterampilan metakognitif siswa berkemampuan matematika sedang dalam pemecahan masalah aritmetika sosial di kelas VII SMP Madinatul Ulum Jombang. 3) Mendeskripsikan keterampilan metakognitif siswa berkemampuan matematika rendah dalam pemecahan masalah aritmetika sosial di kelas VII SMP Madinatul Ulum Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Peneliti sebagai instrumen utama adalah peneliti bertindak sebagai pengamat, pewawancara, pengumpul data sekaligus pembuat laporan hasil penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Madinatul Ulum Jombang yang beralamat di Jl. Suojoyo Prawiro, No. 3 Mojokrapak Tembelang Jombang. Sumber data didapat dari guru dan siswa kelas VII SMP Madinatul Ulum Jombang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes materi aritmetika sosial berbentuk soal uraian dan wawancara semi struktur berbasis tugas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa: 1) Keterampilan metakognitif siswa berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan masalah aritmetika sosial mampu memenuhi indikator aktivitas metakognitif pada tahap memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali. 2) Keterampilan metakognitif siswa berkemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan masalah aritmetika sosial mampu memenuhi indikator aktivitas metakognitif pada tahap memahami masalah, merencanakan penyelesaian, dan melaksanakan rencana. 3) Keterampilan metakognitif siswa berkemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan masalah aritmetika sosial hanya mampu memenuhi indikator aktivitas metakognitif pada tahap memahami masalah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163199 Muhamad Farid Ubaidillah
Date Deposited: 23 Sep 2020 02:27
Last Modified: 23 Sep 2020 02:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16703

Actions (login required)

View Item View Item