PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III MI AR-ROSIDIYAH SUMBERAGUNG REJOTANGAN TULUNGAGUNG

KHASANAH, SITI KHOIRUL (2015) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III MI AR-ROSIDIYAH SUMBERAGUNG REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER 2.pdf

Download (760kB)
[img] Text
BAB I Choir.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB II Choir.pdf

Download (298kB)
[img]
Preview
Text
BAB III Choir.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV Choir.pdf

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V Choir.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (187kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Pembelajaran Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas III MI Ar-Rosidiyah Sumberagung Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Siti Khoirul Khasanah dibimbing oleh Musrikah, M.Pd. Kata kunci: Metode Pembelajaran Pemecahan Masalah, Pecahan Sederhana, Prestasi Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh rendahnya prestasi belajar matematika siswa kelas III MI Ar-Rosidiyah Sumberagung Rejotangan Tulungagung. Hal itu disebabkan, karena ketidaksukaan siswa terhadap matematika yang menjadikan siswa kurang kreatif dalam menjawab pertanyaan dan lemah dalam penguasaan materi. Disebabkan juga sebagian besar guru lebih suka menggunakan metode ceramah ketika mengajar. Dan permasalahan lain yaitu dalam menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan pecahan sederhana untuk cara penyelesaiannya masih belum bisa untuk membedakan antara pengurangan dan penjumlahannya. Dalam materi pecahan sederhana ini, peneliti mengunakan metode pembelajaran pemecahan masalah sebagai upaya dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Pembelajaran menggunakan metode pembelajaran pemecahan masalah ini diharapkan dapat memotivasi siswa dan menjadikan kegiatan belajar mengajar menjadi lebih baik. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah : 1) Bagaimana penerapan Metode Pembelajaran Pemecahan Masalah pada mata pelajaran Matematika materi Pecahan Sederhana semester II pada siswa kelas III di MI Ar-Rosidiyah Sumberagung Rejotangan Tulungagung?, 2) Bagaimana peningkatan prestasi belajar siswa dengan menerapkan Metode Pembelajaran Pemecahan Masalah pada mata pelajaran Matematika materi Pecahan Sederhana semester II pada siswa kelas III MI Ar-Rosidiyah Sumberagung Rejotangan Tulungagung? Adapun tujuan penelitian dalam hal ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan penerapan Metode Pembelajaran Pemecahan Masalah pada mata pelajaran Matematika materi Pecahan Sederhana semester II pada siswa kelas III di MI Ar-Rosidiyah Sumberagung Rejotangan Tulungagung, 2) Untuk Meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menerapkan Metode Pembelajaran Pemecahan Masalah pada mata pelajaran Matematika materi Pecahan Sederhana semester II pada siswa kelas III MI Ar-Rosidiyah Sumberagung Rejotangan Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar. Proses pelaksanaan tindakan kelas meliputi: tahap perencanan (plan), (2) tahap pelaksanaan (act), (3) tahap observasi (observe),dan (4) tahap refleksi (reflection). Adapun teknik pengumpulan datanya mengunakan tes, wawancara, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang prestasi belajar matematika siswa kelas III MI Ar-Rosidiyah Sumberagung Rejotangan Tulungagung. Sedangkan metode observasi, wawancara dan catatan lapangan digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran matematika, respon siswa, keadaan siswa dan guru. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa dengan menerapkan metode pembelajaran pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika dapat membantu siswa memahami materi pecahan sederhana dan meningkatkan prestasi belajar siswa. Langkah-langkah metode pembelajaran pemecahan masalah terdiri dari 4 tahap, yaitu: 1) Memahami masalah, 2) Merencanakan penyelesaian masalah, 3) Menyelesaikan masalah sesuai rencana, 4) Memeriksa kembali. Peningkatan Prestasi belajar siswa mulai tes awal, soal tes siklus 1, sampai soal tes siklus 2. Hal ini dapat diketahui dari rata-rata nilai siswa 68,00 (tes awal), meningkat menjadi 76,00 (soal tes siklus 1), dan meningkat lagi menjadi 90,2 (soal tes siklus 2). Selain dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa dapat diketahui dari persentase ketuntasan belajar siswa. Pada saat tes awal presentasenya 52%, meningkat pada hasil soal tes siklus1, persentase ketuntasan belajar 60% kemudian meningkat lagi pada hasil soal tes siklus 2, persentase ketuntasan belajar 92%. Dengan demikian, membuktikan bahwa penerapan metode pembelajaran pemecahan masalah meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas III MI Ar-Rosidiyah Sumberagung Rejotangan Tulungagu

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: SITI KHOIRUL KHASANAH
Date Deposited: 08 Jul 2015 03:05
Last Modified: 08 Jul 2015 03:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1680

Actions (login required)

View Item View Item