MUSLIMATUL MILADIAH, 17201163037 (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VISUAL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTsN 9 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (406kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (397kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (517kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (417kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (508kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (552kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (361kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (348kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Muslimatul Miladiah, 17201163037, 2020 “Pengaruh Penggunaan Media Visual Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 9 Blitar”. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguuan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing: Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd Kata Kunci: Media Visual, Motivasi, Hasil, Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang terjadi didalam proses kegiatan belajar yaitu guru masih menggunakan model pembelajaran ekspositori kurangnya perhatian guru terhadap penggunaan media pendidikan, sehingaga guru lebih aktif, dibandinkan dengan siswa dalam kegiatan proses belajar mengajar. Hal tersebut mengakibatkan rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa perlu adanya pembelajaran yang menyenangkan, salah satunya dengan menggunakan media visual. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Apakah ada pengaruh penggunaan media visual terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTsN 9 Blitar? (2) Apakah ada pengaruh penggunan media visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTsN 9 Blitar? (3) Apakah ada pengaruh pengunaan media visual terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTsN 9 Blitar? Sedangkan tujuan dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media visual terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTsN 9 Blitar. (2) Untuk mengetahui pengaruh penggunan media visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTsN 9 Blitar. (3) Untuk mengetahui pengaruh pengunaan media visual terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTsN 9 Blitar. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media visual (X), dan variabel terikat penelitian ini adalah motivasi belajar (Y1) dan hasil belajar (Y2). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTsN 9 Blitar yang berjumlah 208 siswa. Teknik sampling yang digunakan peneliti ini adalah random sampling. Sampel dalam penelitian ini ada 52 siswa. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah angket dan post test siswa kelas VIII, dan data sekunder dalam penelitian ini adalah dokumentasi, serta arsip-arsip kegiatan yang relevan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, post test dan dokumentasi. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah MANOVA. Hasil penelitian, (1) Ada pengaruh penggunaan media visual terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTsN 9 Blitar. Berdasarkan analisis uji MANOVA diperoleh nilai Asyim.sig adalah 0,000. Jadi probabilitas 0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan media visual terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaranakidah akhlak di MTsN 9 Blitar (2) Ada pengaruh penggunan media visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTsN 9 Blitar. Berdasarkan analisis uji MANOVA diperoleh nilai Asyim.sig adalah 0,000. Jadi probabilitas 0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan media visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTsN 9 Blitar. (3) Ada pengaruh pengunaan media visual terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTsN 9 Blitar. Berdasarkan analisis uji MANOVA diperoleh nilai Asyim.sig adalah 0,000. Jadi probabilitas 0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan media visual terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTsN 9 Blitar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201163037 MUSLIMATUL MILADIAH |
Date Deposited: | 06 Oct 2020 01:27 |
Last Modified: | 06 Oct 2020 01:27 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16801 |
Actions (login required)
View Item |