PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINIG TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII SMPN 1 SUMBERGEMPOL

AMITA TIYAS SOLIHAH, 17209163009 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINIG TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII SMPN 1 SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (145kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (476kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (398kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (278kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB) | Preview

Abstract

xiii ABSTRAK Amita Tiyas Solihah, 17209163009, 2020 “Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung. Pembimbing: Drs. H. Jani, M.M.,M.Pd. Kata Kunci: Student Facilitator and Explaining, Motivasi Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Siswa berbicara sendiri ketika diajar guru serta bermain smartphone. Tak jarang banyak siswa yang memperoleh nilai rendah. Oleh karena itu peneliti beranggapan bahwa digunakannya model pembelajaran baru diharapkan mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar serta mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui sejauh mana pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Adakah pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung 2) Adakah pengaruh model pembelajaran Student facilitator and explaining terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung 3) Adakah pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) Menjelaskan pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung 2) Menjelaskan pengaruh model pembelajaran Student facilitator and explaining terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung 3) Menjelaskan pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis Eksperimen semu. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling, dimana pengambilan sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang terdapat dalam populasi dan anggota populasi dianggap homogen. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dan uji manova yang sebelumnya sudah dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap motivasi belajar IPS siswa di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung yang ditunjukkan dari nilai t hitung = 25.173 dan Sig.(2-tailed) sebesar 0.000. Karena t hitung ≥ t tabel atau 25.173 ≥ 2.002 dan Sig.(2-tailed) 0.000 ≤ 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. 2) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Student Facilitator andExplaining terhadap hasil belajar IPS siswa SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung yang ditunjukkan dari nilai t hitung = 20.387 dan Sig.(2-tailed) sebesar 0.000. karena t hitung ≥ t tabel atau 20.387 ≥ 2.002 dan Sig.(2-tailed) 0.000 ≤ 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. 3) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap motivasi belajar dan hasil belajar IPS siswa di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung yang ditunjukkan dari nilai Sig.(2-tailed) ≤ nilai probability yaitu 0.000 ≤ 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap motivasi dan hasil belajar IPS siswa di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 17209163009 AMITA TIYAS SOLIHAH
Date Deposited: 15 Oct 2020 03:02
Last Modified: 15 Oct 2020 03:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16889

Actions (login required)

View Item View Item