AHMAD FADHIL ROJANA, 17201163284 (2020) PERAN GURU TPQ DALAM MEMBINA KUALITAS MEMBACA AL-QUR’AN DI TPQ NURUL HUDA GARUM BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (290kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (476kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (845kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (242kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru TPQ dalam Membina Kualitas Membaca Al-Qur’an di TPQ Nurul Huda” ini ditulis oleh Ahmad Fadhil Rojana, NIM. 17201163284, pembimbing Mustofa, S.S, M. Pd Kata Kunci: peran guru TPQ, kualitas membaca al-Qur’an Al-Qur’an adalah kalam Allah SWT yang di turunkan (diwahyukan) kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantaraan malaikat Jibril, yang merupakan mukjizat, yang diriwayatkan secara mutawatir, yang ditulis di mushaf dan membacanya dinilai sebagai ibadah. Membaca merupakan cara yang paling efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan pengalaman seseorang. Fokus penelitian pada dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran guru TPQ dalam membina kelancaran membaca al-Qur’an di TPQ Nurul Huda Garum Blitar?. (2) Bagaimana peran guru TPQ dalam membina kefasihan membaca al-Qur’an di TPQ Nurul Huda Garum Blitar?. (3) Bagaimana hambatan peran guru TPQ dalam membina kualitas membaca al-Qur’an di TPQ Nurul Huda Garum Blitar?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk; (1) mendeskripsikan peran guru TPQ dalam meningkatakan kelancaran membaca al Qur’an di TPQ Nurul Huda Garum Blitar. (2) mendeskripsikan peran guru TPQ dalam meningkatkan kefasihan membaca al-Qur’an di TPQ Nurul Huda Garum Blitar. (3) mendeskripsikan hambatan peran guru TPQ dalam membina kualitas membaca al-Qur’an di TPQ Nurul Huda Garum Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data utama (primer) adalah guru dan peserta didik sumber kedua (skunder) data tentang latar belakang obyek penelitian, keadaan siswa dan guru, foto-foto kegiatan pembelajaran, struktur organisasi, nama-nama guru dan pegawai di TPQ Nurul Huda Garum Blitar, Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini, peneliti mendapatkan kesimpulan bahwa (1) Peran guru TPQ dalam membina kelancaran membaca al-Qur’an di TPQ Nurul Huda Garum Blitar yaitu sebagai pengelola kelas dengan membuat konsep pembelajaran serta memaksimalkan proses pembelajaran, sebagai demonstrator dengan materi pembelajaran secara baik dan komunikatif, sebagai evaluator dengan melakukan evaluasi berupa menyimak sorogan para pesrta didik. (2) Peran guru TPQ dalam membina kefasihan membaca al-Qur’an di TPQ Nurul Huda Garum Blitar yaitu sebagai pengelola kelas dengan membuat konsep pembelajaran serta memaksimalkan proses pembelajaran, sebagai demonstrator dengan mendemonstrasikan materi pembelajaran secara baik dan komunikatif terutamapada materi tajwid, sebagai evaluator dengan melakukan evaluasi berupa pengadaan tes lisan(tes membaca). (3) Hambatan peran guru TPQ dalam membina kualitas membaca al-Qur’an di TPQ Nurul Huda Garum Blitar, yaitu terdapat hambatan yang berakitan dengan kurangnya pemahaman peserta didik mengenai materi pembelajaran. Hambatan yang selanjutnya berkaitan dengan kurangnya motivasi, sebagian orang tua masih belum memberikan motivasi pada buah hatinya. Kurang adanya komunikasi dan kerjasama yang baik dengan orang tua peserta didik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201163284 AHMAD FADHIL ROJANA |
Date Deposited: | 03 Dec 2020 03:44 |
Last Modified: | 03 Dec 2020 03:44 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17042 |
Actions (login required)
View Item |