ULFI QURROTUL UYUN, 17201163058 (2020) STRATEGI HIDDEN CURRICULUM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MAN 2 BLITAR.

ULFI QURROTUL UYUN, 17201163058 (2020) ULFI QURROTUL UYUN, 17201163058 (2020) STRATEGI HIDDEN CURRICULUM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MAN 2 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (713kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (261kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (880kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (269kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ulfi Qurrotul Uyun. NIM 17201163058. Strategi Hidden Curriculum dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik di MAN 2 Blitar. Skripsi. Jurusan Pendidkan Agama Islam: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing Dr. Muhammad Zaini, MA. Kata Kunci : Strategi, Hidden Curriculum, Karakter Religius. Pendidikan dihadapkan pada sebuah dilema yang rumit. Peserta didik pada saat ini melakukan perbuatan-perbuatan yang tidak seharusnya dilakukan sebagai manusia yang berkarakter dan berpendidikan. Pemberitaan mengenai sikap dan tindakan yang tidak sopan kepada orang yang lebih tua, seks bebas telah merajalela, serta penggunaan minuman keras dan obat-obatan terlarang. Begitu pentingnya sekolah atau madrasah membekali peserta didik melalui ilmu pengetahuan dan pengalaman keagamaan dengan melaksanakan program kegiatan hidden curriculum keagamaan, sehingga karakter peserta didik terutama karakter religius dapat terbentuk. Pertanyaan penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan hidden curriculum dalam pembentukan karakter religius peserta didik di MAN 2 Blitar?; (2) Bagaimana pelaksanaan hidden curriculum dalam pembentukan karakter religius peserta didik di MAN 2 Blitar?; (3) Bagaimana dampak strategi hidden curriculum dalam pembentukan karakter religius peserta didik di MAN 2 Blitar?. Adapun tujuan peneliti adalah (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan hidden curriculum dalam pembentukan karakter religius peserta didik di MAN 2 Blitar; (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan hidden curriculum dalam pembentukan karakter religius peserta didik di MAN 2 Blitar; (3) Untuk mendeskripsikan dampak strategi hidden curriculum dalam pembentukan karakter religius peserta didik di MAN 2 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data adalah wakil kepala bidang kurikulum, koordinator keagamaan, guru, peserta didik, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data observasi penelitian, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data pemeriksaan teman sejawat melalui perpanjangan keikutsertaan, dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Pertama, perencanaan hidden curriculum dalam pembentukan karakter religius peserta didik di MAN 2 Blitar meliputi:a. Berpedoman pada visi misi madrasah, b. Mengadakan rapat kerja atau musyawarah, dan c. Penentuan program kegiatan. Kedua, pelaksanaan hidden curriculum dalampembentukan karakter religius peserta didik di MAN 2 Blitar meliputi a. Dalam kelas antara lain: (1) membaca do’a sebelum pembelajaran, (2) membaca asma’ul husna, (3) tadarus Al-Qur’an, (4) pembelajaran Al-Qur’an metode usmani, (5) kegiatan keputrian. b. Luar kelas antara lain: (1) Budaya 3S (Senyum, Sapa, Salam), (2) shalat berjamaah, (3) shalat sunnah dhuha, dan (4) shalat jumat. Ketiga, dampak strategi hidden curriculum dalam pembentukan karakter religius peserta didik di MAN 2 Blitar meliputi; a. tertanamnya nilai-nilai akhlak antara lain: (1) iman kepada Allah, (2) penyantun, (3) bermurah hati, (4) malu, (5) kasih sayang, dan b. tertanamnya kebiasaan antara lain: (1) membaca do’a sebelum pembelajaran, (2) membaca asma’ul husna, (3) tadarus al-qur’an, (4) shalat berjamaah, (5) shalat sunnah dhuha, (6) shalat jumat, dan (7) senyum,sapa, dan salam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: PAI 17201163058 ULFI QURROTUL UYUN
Date Deposited: 02 Nov 2020 07:37
Last Modified: 02 Nov 2020 07:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17114

Actions (login required)

View Item View Item