KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL KELAS VII MTS AL-MA’ARIF TULUNGAGUNG DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

ISNA WATUL KHUSNA, 17204163150 (2020) KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL KELAS VII MTS AL-MA’ARIF TULUNGAGUNG DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (886kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (337kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (721kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi Sistem Persamaan Linear Satu Variabel Kelas VII MTs Al-Ma’arif Tulungagung ditinjau dari Gaya Belajar” ini ditulis oleh Isna Watul Khusna, NIM. 17204163150, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Tarbiyah, IAIN Tulungagung, pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci : Penalaran Matematis, Penyelesaian Masalah, Gaya Belajar (Auditorial, Visual, dan Kinestetik). Kemampuan penalaran metematis sangat penting dimiliki oleh siswa. Karena kemampuan penalaran merupakan salah satu tujuan dalam pembelajaran matematika. Kemampuan penalaran matematis merupakan kecakapan siswa dalam proses berpikir matematis untuk menarik kesimpulan atau membuat pernyataan. Kemampuan ini dapat dikembangkan dengan memperhatikan faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Faktor tersebut salah satunya yaitu gaya belajar. Adapun penelitian ini dimaksudkan untuk mengungkapkan kemampuan penalaran matematis berdasarkan gaya belajar. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa dengan gaya belajar visual dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi sistem persamaan linear satu variabel kelas VII MTs Al-Ma’arif Tulungagung 2) untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa dengan gaya belajar auditorial dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi sistem persamaan linear satu variabel kelas VII MTs Al-Ma’arif Tulungagung 3) untuk mendeskripsikan kemapuan penalaran matematis siswa dengan gaya belajar kinestetik dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi sistem persamaan linear satu variabel kelas VII MTs Al-Ma’arif Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian dasar kualitatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII A dengan mengambil 6 siswa (2 siswa gaya belajar visual, 2 siswa gaya belajar auditorial, dan 2 siswa gaya belajar kinestetik). Teknik pengumpulan data berupa angket, hasil tes tulis dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamat, triangulasi, dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa: 1) kemampuan penalaran matematis siswa dengan gaya belajar visual memenuhi indikator mengajukan dugaan, melakukan manipulasi matematika, menyusun bukti, memberikan alasan atau bukti terhadap kebenaran solusi, dan mampu dalam menarik kesimpulan 2) kemampuan penalaran matematis siswa dengan gaya belajar auditorial memenuhi indikator mengajukan dugaan, melakukan manpulasi matematika, meyusun bukti, memberikan alasan atau bukti terhada kebenaran solusi, dan mampu dalam menarik kesimpulan 3) kemampuan penalaran matematis siswa dengan gaya belajar kinestetik memenuhi indikator mengajukan dugaan dan melakukan manipulasi matematika.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Nurrishma Husna
Date Deposited: 16 Nov 2020 05:29
Last Modified: 16 Nov 2020 05:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17213

Actions (login required)

View Item View Item