LINDA YUNI ISTIQOMAH, 17204163033 (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DIAGRAM VENN TERHADAP PEMAHAMAN SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 NGORO MOJOKERTO PADA MATERI HIMPUNAN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (754kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (350kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (445kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (416kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (304kB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Download (427kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (145kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Diagram Venn terhadap Pemahaman Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Ngoro Mojokerto pada Materi Himpunan” ditulis oleh Linda Yuni Istiqomah, NIM. 1720463033, Jurusan Tadris Matemtika (TMT), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Diagram Venn, Pemahaman Siswa, Himpunan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya siswa yang merasa kesulitan dalam belajar matematika sehingga sebagian besar memiliki kelemahan dalam memahami pelajaran matematika. Oleh karena itu, diperlukan suatu pembelajaran yang mampu meningkatkan keinginan siswa dalam mengikuti pembelajaran agar siswa lebih mudah dalam memahami materi yang disampaikan guru, salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media pembelajaran diagram venn terhadap pemahaman siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Ngoro Mojokerto pada materi himpunan serta besar pengaruh yang diberikan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimental Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Ngoro Mojokerto. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah Random Sampling. Sample yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini diambil dari hasil nilai post test, yang kemudian dianalisis dengan menggunakan uji T. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah terdapat pengaruh dari penggunaan media pembelajaran diagram venn terhadap pemahaman siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Ngoro Mojokerto. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan uji T diperoleh nilai signifikansi 0,646>0,05. Sehingga keputusannya H_0 ditolak dan H_1diterima. Adapun besar pengaruh yang didapatkan dari uji cohen sebesar 94,5%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 17204163033 LINDA YUNI ISTIQOMAH |
Date Deposited: | 25 Nov 2020 03:45 |
Last Modified: | 25 Nov 2020 03:45 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17258 |
Actions (login required)
View Item |