PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY DAN JIGSAW PADA KELAS VIII MTsN KUNIR BLITAR

fajarudin, fajar (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY DAN JIGSAW PADA KELAS VIII MTsN KUNIR BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover lengkap revisi.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (723kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (699kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (269kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (132kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray dan Jigsaw Pada Kelas VIII MTsN Kunir Blitar” ini ditulis oleh Fajarudin dibimbing oleh Maryono, M.Pd.I Kata Kunci : Model Two Stay Two Stray, Jigsaw, Hasil Belajar Matematika. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya hasil belajar matematika siswa karena sebagian besar guru mengajar dengan menggunakan metode mengajar konvensional atau tradisional. Dalam hal ini peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray dan Jigsaw untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran tersebut. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray dan Jigsaw pada kelas VIII MTsN Kunir Blitar? (2) Manakah yang lebih baik hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray atau Jigsaw pada kelas VIII MTsN Kunir Blitar? Pendekatan dalam penelitian adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) untuk mengetahui hubungan antara variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs negeri Kunir yang berjumlah 362 siswa. Sedangkan sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling yakni dilihat dari siswa yang memiliki kemampuan yang sama sehingga diperoleh siswa dari kelas VII-2, dan VIII-4 yang berjumlah 80 siswa. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes, observasi dan dokumentasi. Tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah post tes yang digunakan untuk memperoleh nilai hasil belajar matematika siswa pada materi bangun ruang kubus dan balok. Setelah peneliti melakukan penelitian, kemudian dilanjutkan dengan menganalisis data dengan menggunakan rumus Independent Samples t-test dan Anova. Sebelum melakukan analisis menggunakan rumus di atas terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yakni normalitas dan homogenitas. Setelah dilakukan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray dan Jigsaw dengan signifikansi 5% diperoleh thitung > ttabel yakni 3,43 >2,00. Setelah dilakukan perhitungan diperoleh bahwa model pembelajaran Two Stay Two Stray memiliki rata-rata lebih tinggi daripada Jigsaw. Rata-rata model pembelajaran Two Stay Two Stray = 80.35 sedangkan rata-rata model pembelajaran Jigsaw = 73.22. Sehingga model pembelajaran Two Stay Two Stray lebih baik dibandingkan dengan Jigsaw terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Kunir Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Users 270 not found.
Date Deposited: 10 Sep 2015 01:39
Last Modified: 10 Sep 2015 01:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1748

Actions (login required)

View Item View Item