REISA INABILA, 17201163344 (2020) “EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK DALAM MATERI SALAT SUNAH KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 KEDUNGWARU”. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (214kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (53kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (376kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (375kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (452kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (679kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (89kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (92kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Efektivitas Penggunaan Metode Permainan Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Dalam Materi Salat Sunah Kelas VIII Di Smp Negeri 3 Kedungwaru” ini ditulis oleh Reisa Inabila, NIM 17201163344, pembimbing Dra. Hj. ST Noer Farida Layla, MA. Kata kunci: Metode Permainan Ular Tangga, dan Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi dengan motivasi belajar peserta didik yang kurang danteori metode permainan yaitu suatu cara yang digunakan untuk menyampaikan pelajaran dengan mensimulasikan suatu permainan yang berkaitan dengan pelajaran tersebut, sehingga menghasilkan pembelajaran yang menarik, menyenangkan, dan dapat membangun motivasi untuk semangat dalam belajar.Dalam penelitian ini meggunakan metode pembelajaran ular tangga pada dasarnya bertujuan untuk menciptakan kondisi pembelajaran siswa yang dapat belajar secara aktif dan menyenangkan berdampak positif pada hasil belajar dan prestasi yang optimal. Metode pembelajaran digunakan guru untuk menyajikan materi pelajaran kepada murid di dalam kelas baik secara individual atau secara kelompok agar materi pelajaran dapat diserap, dipahami dan dimanfaatkan oleh murid dengan baik. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ’Apakah penggunaan metode permainan Ular Tangga efektif terhadap hasil belajar peserta didik materi Sholat Sunah di SMP Negeri 3 Kedungwaru? Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian ini adalah: ‘’Untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode permainan ular tangga terhadap hasil belajar peserta didik dalam materi Salat Sunah Kelas VIII di SMP Negeri 3 Kedungwaru.’’ Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian adalah praeksperimen digunakan untuk menyelidiki sebab akibat . Mekanisme penelitian dari penelitian ini yaitu dengan desain perbandingan grup statisPopulasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kedungwaru yang berjumlah 240 peserta didik. Sedangkan sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Alasan menggunakan teknik purposive sampling karena peneliti memerlukan 2 kelas yang memiliki kemampuan yang sama serta dapat mewakili karakteristik populasi, sehingga diperoleh siswa dari kelas VIII-A dan VIII-B yang berjumlah 54 peserta didik. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes. Analisis data yang digunakan menggunakan uji kompaasi atau perbedaan yaitu uji independent t-test karena untuk mengetahui perbedaan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ada perbedaan dalam pembelajaran salat sunah kelas VIII dengan menggunakan metode permainan dan metode konvensioal di SMP Negeri 3 Kedungwaru Hal ini ditunjukkan dengan nilai Thitung > Ttabel atau 2,584 > 2,00488 dan Sig. 0,012< 0,05 pada taraf signifikansi 5%.Berdasarkan perhitungan Effect Size dari cohen mendapatkan hasil 0,727. Dalam penggunaan metode permainan memiliki efek yang besar.Dapat disimpulkan dari hasil penelitian tersebut bahwa metode permainan efektif terhadap hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 3 Kedungwaru.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201163344 REISA INABILA |
Date Deposited: | 12 Jan 2021 03:47 |
Last Modified: | 29 Apr 2021 03:01 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17599 |
Actions (login required)
View Item |