PENDEKATAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PENGUATAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI MTS MA'ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR

FAISAL FAHAT, 17201163418 (2020) PENDEKATAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PENGUATAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI MTS MA'ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (880kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (466kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (189kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (793kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (385kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (410kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini mengangkat judul “Pendekatan Guru Akidah Akhlak dalam Penguatan Akhlakul Karimah Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Bakung Udanawu Blitar” ini ditulis oleh Faisal Fahat, NIM. 17201163418, pembimbing Dr. H. Abd. Aziz, M. Pd. I. Kata kunci : Pendekatan Guru, Akhlakul Karimah Penelitian ini dilatar belakangi oleh semakin lunturnya nilai-nilai ketawadhuan, rasa tanggung jawab, dan perilaku akhlakul karimah sebagai manusia yang beradab dikarenakan ada pengaruh kuat dari dalam maupun dari luar. Oleh sebab itu penulis mengkaitkan masalah pendekatan guru dalam penguatan Akhlakul Karimah peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana pengalaman guru akidah akhlak dalam penguatan akhlakul karimah peserta didik di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar? (2) Bagaimana pembiasaan guru akidah akhlak dalam penguatan akhlakul karimah peserta didik di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar? (3) Bagaimana emosional guru akidah akhlak dalam penguatan akhlakul karimah peserta didik di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar? Adapun yang menjadi tujuan penelitian adalah (1) Untuk mendeskripsikan pendekatan pengalaman guru akidah akhlak dalam penguatan akhlakul karimah peserta didik di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar, (2) untuk mendeskripsikan pendekatan pembiasaan guru akidah akhlak dalam penguatan akhlakul karimah peserta didik di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar (3) untuk mendeskripsikan pendekatan emosional guru Akidah Akhlak dalam penguatan Akhlakul Karimah peserta didik di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode study kasus. Subjek penelitian adalah guru mata pelajaran akidah akhlak MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. Penulis mengumpulkan data dengan teknik observasi partisipatif, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data yaitu triangulasi sumber. Dari hasil analisis didapatkan kesimpulan bahwa pendekatan yang dilakukan guru Akidah Akhlak MTs Ma’Arif Bakung Udanawu melakukan pendekatan pengalaman melalui program semalam dimasama yakni melaksanakan kegiataan keislaman, dan pemberian contoh kehidupan pada pondok pesantren melalui penayangan vidio seorang santri untuk dijadikan pengalaman peserta didik agar dapat meniru adab dan akhlak seorang santri. Kedua pembiasaan apel pagi dan kultum sebelum memasuki kelas, mengadakan istighosah secara bergantian setiap hari secara continue. Ketiga adalah pendekatan emosional yang digunakan guru akidah akhlak dengan pengenalan karakter peserta didik, menggunakan metode ceramah, cerita, dan bersenandung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.Pd 17201163418 Faisal Fahat
Date Deposited: 22 Jan 2021 02:38
Last Modified: 27 Apr 2021 03:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17876

Actions (login required)

View Item View Item