PEMAHAMAN SISWA BERDASARKAN TEORI PIRIE KIEREN DALAM MENYELESAIKAN SOAL TURUNAN DITINJAU DARI KEPRIBADIAN SENSING DAN INTUITION KELAS XI-MIPA 6 SMAN 1 GONDANG TULUNGAGUNG

FANDA RIZA PAHLEFI LATIF, 17204163137 (2020) PEMAHAMAN SISWA BERDASARKAN TEORI PIRIE KIEREN DALAM MENYELESAIKAN SOAL TURUNAN DITINJAU DARI KEPRIBADIAN SENSING DAN INTUITION KELAS XI-MIPA 6 SMAN 1 GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (300kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (375kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (205kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (433kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pemahaman Siswa Berdasarkan Teori Pirie Kieren dalam Menyelesaikan Soal Turunan Ditinjau dari Kepribadian Sensing dan Intuition Intuition Kelas XI-MIPA 6 SMAN 1 Gondang Tulungagung” ini ditulis oleh Fanda Riza Pahlefi Latif, NIM 1720416337, jurussan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing Bapak Miswanto, M.Pd. Kata Kunci: Pemahaman, Teori Pirie Kieren, Sensing dan Intuition Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah masih tergantung dengan cara-cara yang guru berikan, sehingga jarang dari mereka mampu mengembangkan caranya sendiri. Matematika merupakan ilmu yang berkaitan dengan hitungan, ada berbagai cara untuk menyelesaikan persoalan dalam matematika, tergantung siswa itu sendiri. Cara pengerjaan yang berbeda-beda itu dapat diketahui pola pemahamannya dalam memahami sekaligus menyelesaikan suatu permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan pemahaman siswa dengan kepribadian sensing berdasarkan teori pirie kieren dalam menyelesaikan soal turunan, 2) mendeskripsikan pemahaman siswa dengan kepribadian intuition berdasarkan teori pirie kieren dalam menyelesaikan soal turunan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di SMAN 1 Gondang Tulungagung. Sumber data adalah siswa kelas XI MIPA 6 kemudin dipilih dua siswa, yaitu satu siswa dengan kepribadian sensing dan satu siswa dengan kepribadian intuition. Teknik pengumpulan data yang digunkan tes tulis, angket, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunkan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan atau keajekan pengamat, triangulasi, pemeriksaan atau pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Pemahaman siswa dengan kepribadian sensing (S1) memiliki pola yang terstruktur dan konsisten mulai dari lapisan primitif knowing, imaging making, property noticing, formalizing, observing, structuring, investing, yang ditunjukkan berdasarkan hasl tes nomor satu dan dua beserta wawancara. Pada S1 ini mengalami folding back pada lapisan imaging making ke primitif knowing untuk menuju lapisan berikutnya. 2) Pemahaman siswa dengan kepribadian intuition (S2) memiliki pola yang kurang terstruktur dan kurang konsisten. Karena S2 di dalam wawancara dapat menjelaskan tiap langkah dengan baik dan benar akan tetapi pada tes baik nomor satu maupun nomor dua ada sebagian langkah yang tidak dicantumkan. Meskipun demikian, berdasarkan wawancara S2 memiliki lapisan terstruktur yaitu : primitif knowing, imaging having, property noticing, formalizing, observing, structuring, investing. Pada S2 ini mengalami folding back pada lapisan imaging having ke primitif knowing untuk menuju lapisan berikutnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: fanda riza 17204163137 riza
Date Deposited: 25 Jan 2021 04:00
Last Modified: 27 Apr 2021 03:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17918

Actions (login required)

View Item View Item