MUHAMMAD MISBAKHUL MUNIR, 17201163405 (2020) PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN (Studi Kasus di MTsN 2 TRENGGALEK). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (283kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (406kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (520kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (313kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (293kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (231kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an Studi Kasus di MTsN 2 Trenggalek” penelitian ini ditulis oleh Muhammad Misbakhul Munir, NIM 17201163405, dosen pembimbing Bapak Mustofa, S.S, M.Pd. Kata Kunci: Peranan Guru Pendidikan Agama Islam, Kesulitan Membaca Al-Qur’an Penelitian ini penulis pilih karena melihat begitu pentingnya membaca Al-Qur’an di sekolah kegiatan membaca ini sangat perlu diadakan guna membantu siswa yang masih kesulitan dalam membaca Al-Qur’an, karena dengan melihat betapa pentingnya mempelajari Al-Qur’an tentunya guru harus membantu siswa yang masih kesulitan agar nantinya mereka memiliki modal untuk kehidupan mereka di masa yang akan mendatang. MTsN 2 Trenggalek memiliki guru yang professional yang memahami pentingnya membaca Al-Qur’an bagi siswa khususnya. Demikian pula dengan diadakannya kegiatan khusus membaca Al-Qur’an oleh pihak Madrasah. Adapun fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana peranan guru pendidikan agama islam dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an? (2) Bagaimana hambatan peran guru pendidikan agama islam dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an? (3) Bagaimana dampak dari peranan guru pendidikan agama islam dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an? Tujuan dari penulisan ini sebagai berikut: (1) Mendeskripsikan tentang peranan guru pendidikan agama islam dalam mengatasi siswa yang kesulitan membaca Al-Qur’an. (2) Mendiskripsikan tentang hambatan peran guru pendidikan agama islam dalam mengatasi siswa yang kesulitan membaca Al-Qur’an (3) Untuk mengetahui dampak atau hasil dari peran guru pendidikan agama islam dalam mengatasi kesulitan siswa dalam membaca Al-Qur’an di MTsN 2 Trenggalek. Dalam penyusunan skirpsi ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Deskriftif dengan lokasi di MTsN 2 Trenggalek , dengan cara, (1) Observasi (2) Wawancara (3) Dokumentasi. Dengan menggunakan teknis analisis data dengan menggunakan (1) Reduksi Data (2) Penyajian Data (3) Penarikan Kesimpulan. Juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan (1) Credibility (2) Transferability (3) Confirmability (4) Dependenbility. Dari hasil penelitian, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: (1) Peranan guru pendidikan agama islam di MTsN 2 Trenggalek adalah dengan melakukan pembiasaan, controlling/pengawasan, pemberian wawasan dan contoh keteladanan, dan kedisiplinan. (2) Hambatan peran guru pendidikan agama islam dalam mengatasi kesulitan membaca Al Qur’an di MTsN 2 Trenggalek adalah heterogenitas siswa, diri siswa sendiri, siswa kurang taat terhadap peraturan dan upaya guru pendidikan agama islam di MTsN 2 Trenggalek dengan melakukan pembiasaan, teguran dan takziran sekaligus memberi contoh/tauladan. (3) Dampak dari peranan guru PAI dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an adalah siswa dapat membaca Al-Qur’an dengan lancar dan benar,.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201163405 MUHAMMAD MISBAKHUL MUNIR |
Date Deposited: | 01 Feb 2021 03:03 |
Last Modified: | 28 Apr 2021 03:36 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18083 |
Actions (login required)
View Item |