PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DENGAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PAI SISWA DI SMP NEGERI 3 KALIDAWIR TULUNGAGUNG

TUTUT SRI RAHAYU, 17201163432 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DENGAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PAI SISWA DI SMP NEGERI 3 KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (256kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (403kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (570kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (587kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (127kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw dengan Media Visual terhadap Hasil Belajar PAI Siswa di SMP Negeri 3 Kalidawir Tulungagung”. Ditulis oleh Tutut Sri Rahayu, NIM. 17201163432, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing Ibu Lailatuzz Zuhriyah, M.Fil.i,NIP. 19860528 201403 2002 Kata kunci: Model Pembelajaran Jigsaw, Media Visual, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi dari teori yang dikemukakan oleh Elliot Aronson dan kawan-kawannya dari Universitas Texas, yang mana model pembelajaran ini didesain untuk meningkatkan rasa tanggung jawab siswa terhadap pembelajarannya sendiri dan juga pembelajaran orang lain. Dengan demikian diharapkan siswa dapat meningkatkan hasil belajar dengan maksimal. Tetapi di SMP Negeri 3 Kalidawir ini, guru masih mengunakan metode konvensional (ceramah) dimana siswa hanya terpacu pada guru saja. Oleh karena itu, peneliti ingin menguji teori tersebut apakah model pembelajaran Jigsaw dengan media visual ini dapat diterapkan dengan baik di SMP Negeri 3 Kalidawir sehingga dapat meningkatkan hasil belajar PAI siswa dengan maksimal. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Jigsaw dengan media visual terhadap hasil belajar Kognitif PAI siswa di SMPN 3 Kalidawir Tulungagung? (2) Apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Jigsaw dengan media visual terhadap hasil belajar Afektif PAI siswa di SMPN 3 Kalidawir Tulungagung? (3) Adakah pengaruh model pembelajaran Jigsaw dengan media visual terhadap hasil belajar kognitif dan afektif PAI siswa di SMPN 3 Kalidawir Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 3 Kalidawir Tulungagung yang berjumlah 152 siswa. Selanjutnya sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel didasarkan pada tujuan yang ditetapkan oleh peneliti. Pengambilan sampel ini selain didasarkan pada tujuan peneliti juga mendapat arahan dari guru yaitu kelas VIII B dan Kelas VIII D dengan jumlah 62 siswa.Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan tes, skala dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan uji t-test dan uji MANOVA menggunakan program SPSS 16.0 for Woindows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dan simultan antara penggunaan model pembelajaran Jigsaw dengan media visual terhadap dan hasil belajar PAI siswa dengan hasil hitung sebagai berikut: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran Jigsaw dengan media visual terhadap hasil belajar kognitif PAI siswa di SMP Negeri 3 Kalidawir Tulungagung dengan nilai Sig. 0,001< 0,05, (2) Terdapat pengaruh yangsignifikan antara penggunaan model pembelajaran Jigsaw dengan media visual terhadap hasil belajar afektif siswa di SMP Negeri 3 KalidawirTulungagung dengan nilai Sig. 0,026 < 0,05. (3) Terdapat pengaruh yangsimultan antara penggunaan model pembelajaran Jigsaw dengan media visual terhadap hasil belajar kognitif dan afektif siswa di SMP Negeri 3 Kalidawir Tulungagung dengan nilai Sig. 0,001 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163432 TUTUT SRI RAHAYU
Date Deposited: 01 Feb 2021 07:13
Last Modified: 29 Apr 2021 04:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18110

Actions (login required)

View Item View Item