AYU NOVIA BERLIANA PUTRI, 17104163106 (2020) PELAYANAN PEMBUATAN KARTU KELUARGA DI KABUPATEN TULUNGAGUNG (Studi Kasus di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tulungagung. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (372kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (274kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (304kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II .pdf Download (361kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (198kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (331kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (390kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (92kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (158kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Peranan Pemerintah dalam menyediakan pelayanan public yang prima bagi semua unsur masyarakat yang dimana hal tersebut telah diamanatkan dalam Pasal 1 Undang-Undang RI Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Khususnya terkait Kartu Keluarga di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tulungagung. Masalah yang terjadi dengan melihat dengan luasnya wilayah Kabupaten Tulungagung masih banyak masyarakat atau kepala keluarga di kecamatan yang terpencil yang belum memiliki kartu keluarga sebagai identitasnya. Kemudian dengan alasan dalam pembuatannya masih rumit dan berbelit-belit dari satu meja ke meja yang lain, sehingga mengurunkan niat kepala keluarga untuk tidak atau belum memiliki dan membuat Kartu Keluarga, selain itu peneliti juga menemukan rendahnya kualitas pelayanan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tulungagung, tidak adanya ketepatan waktu atas pelayanan yang dijanjikan hal ini peneliti melihat secara langsung. Fokus dari penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pelayanan pembuatan Kartu Keluarga di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tulungagung, 2) Bagaimana pelayanan pembuatan Kartu Keluarga di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tulungagung dalam tinjauan hukum positif, 3) Bagaimana pelayanan pembuatan Kartu Keluarga di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tulungagung dalam tinjauan fiqih siyasah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah pengumpulan data dengan menggunakan data observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan model Miles and Huberman, yang dalam menganalisis data meliputi: 1) reduksi data, 2) penyajian data, 3) penarik kesimpulan. Teknik pengecakan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian adalah ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pembahasan temen sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Proses pelayanan pembuatan Kartu Keluarga di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tulungagung memiliki dasar hukum yang jelas dan proses pelayanan telah sesuai dengan peraturan perundang- undangan yang berlaku sehingga menjamin kepatuhan para petugas di lapangan dan berupaya untuk melayani dengan cepat dan tepat, selain itu ketidaklengkapan persyaratan pemohon contohnya kerusakan peralatan pendukung dalam pembuatan Kartu Keluarga seperti computer dan printer sehingga menimbulkan keterlambatan proses pencetakan Kartu Keluarga yang sudah jadi. Kurangnya sosialisasi kepada masyarakat agar dapat mempermudah masyarakat mengakses secara akuntabilitas dalam pada saat pelayanan administrasi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tulungagung, 2)Pelayanan pembuatan Kartu Keluarga di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil masih bersifat minta dilayani daripada melayani sehingga banyak yang menimbulkan ketidakpuasan masyarakat atau keluhan terutama akan pelayanan yang berbelit-belit dalam memberikan pelayanan. Hal tersebut tidak sesuai dengan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 64 Tahun 2013 tentang Pedoman Umum Penyelenggara Pelayanan Publik, 3) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tulungagung dalam penyelenggaraan pelaksanaan pelayanan pembuatan Kartu Keluarga tidak sesuai dengan prinsip dalam fiqh siyasah. Dimana fiqh siyasah sendiri mengacu pada kemaslahatan beracuan maqashid syariah. Sementara yang terlaksana tidak memenuhi tujuan maqasid syariah dan tidak memenuhi kelima unsur yang ada pada konsep maqasid syariah secara maqasid al-daruriyah belum optimal. Kemudian hasil dari pelayanan pembuatan Kartu Keluarga diketahui adanya pemenuhan saran dan prasarana dan fasilitas pelayanan yang sesuai standar pelayanan pembuatan Kartu Keluarga belum cukup optima
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Hukum > Hukum Islam |
Divisions: | Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Tata Negara |
Depositing User: | 17104163106 Ayu Novia Berliana Putri |
Date Deposited: | 05 Feb 2021 03:20 |
Last Modified: | 26 Apr 2021 04:44 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18268 |
Actions (login required)
View Item |