PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KEDISIPLINAN DAN KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK DI MTSN 9 BLITAR

M. MISBAHUL HASAN, 17201163234 (2021) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KEDISIPLINAN DAN KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK DI MTSN 9 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (517kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (296kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (254kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Kedisiplinan dan Kepribadian Peserta Didik di MTsN 9 Blitar” ini di tulis oleh M. Misbahul Hasan, NIM. 17201163234, pembimbing Dr. Khoirul Anam M. Pd. I. Kata Kunci: Peran Guru, Kedisiplinan, dan Kepribadian. Penelitian di latar belakangi oleh pembiasaan berupa berjabat tangan guru dan peserta didik saat masuk dari pintu gerbang hal ini juga untuk memantau peserta didik tentang kedisiplinan masuk tepat waktu dan kelengkapan seragam denagn sopan dan rapi. Hal ini secara otomatis dapat membentuk kedisplinan dan kepribadian peserta didik yang kompoten dan berkualitas dalam hidupnya. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) bagaimana peran guru pendidikan agama sislam dalam membentuk kedisiplinan peserta didik di MTsN 9 Blitar? (2) bagaimana peran guru pendidikan agama islam dalam membentuk kepribadian peserta didik di MTsN 9 Blitar? (3) bagaimana hambatan peran guru pendidikan agama islam dalam membentuk prilaku kedisiplinan dan kepribadian peserta didik di MTsN 9 Blitar? Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) untuk mendeskripsikan peran guru pendidikan agama islam dalam membentuk kedisiplinan peserta didik di MTsN 9 Blitar. (2) untuk mendeskripsikan peran guru pendidikan agama islam dalam membentuk kepribadian peserta didik di MTsN 9 Blitar. (3) untuk mendeskripsikan hambatan guru pendidikan agama islam dalam membentuk prilaku kedisiplinan dan kepribadian peserta didik di MTsN 9 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya menggunakan deskripsi. Sumber data yang digunakan adalah person, place, dan paper. Untuk teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode Hasil penelitian: (1) Peran guru pendidikan agama islam dalam membentuk kedisiplinan peserta didik dengan melakukan pembiasaan kepada peserta didik dan bekerja sama dengan guru lainya agar dapat optimal dalam menangani peserta didik yang telah melanggar. (2) Peran guru pendidikan agama islam dalam membentuk kepribadian peserta didik memberikan contoh yang baik kepada peserta didik, memberikan arahan dan bimbingan kepada peserta didik (3) Hambatan peran guru pendidikan agama islam dalam membentuk kedisiplinan dan kepribadian peserta didik kurangnya pengawasan dan bimbingan kepada peserta didik di rumah, kecenderungan meniru tokoh idolanya. Cara mengatasi hambatan dengan menjalin komunikasi efektif pihak madrasah dengan wali murid.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163234 M. MISBAHUL HASAN
Date Deposited: 05 Feb 2021 07:28
Last Modified: 05 Feb 2021 07:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18286

Actions (login required)

View Item View Item