SITI KALIMATUS SA'DIYAH, 17204163006 (2021) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF PROBING PROMPTING LEARNING DAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BILANGAN SISWA KELAS VII MTS NEGERI 2 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2020/2021. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (624kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (437kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (395kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (391kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (695kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (695kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (448kB) |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (323kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Perbedaan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Probing Prompting Learning Dan Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Pada Pelajaran Matematika Materi Bilangan Siswa Kelas VII MTs Negeri 2 Tulungagung Tahun Ajaran 2020/2021” ini ditulis oleh Siti Kalimatus Sa’diyah (17204163006) Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Maryono, M.Pd. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Probing Prompting Learning, Cooperative integrated reading and composition, Hasil Belajar, Materi Bilangan. Penelitian ini dilatar belakangi dengan hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM , kurangnya partisipasi dalam pembelajaran matematika. Selain itu, sebagian siswa menganggap pembelajaran matematika pelajaran sulit. Oleh karena itu perlu inovasi model pembelajaran efektif yang mampu membangkitkan semangat belajar, sehingga hasil belajar siswa menjadi lebih baik. Inovasi tersebut adalah model pembelajaran probing prompting learning dan Cooperative integrated reading and composition untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara yang mengggunakan model Kooperatif tipe probing prompting learning dengan Cooperative integrated reading and composition Kelas VII MTsN 2 Tulungagung. 2) untuk mengetahui hasil matematika yang lebih baik antara menggunakan model kooperatif probing prompting learning dengan Cooperative integrated reading and composition Kelas VII MTsN 2 Tulungagung. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi seluruh siswa kelas VII MTsN 2 Tulungagung adalah 364 siswa. Sedangkan sampling yang digunakan penelitian ini adalah teknik purpose sampling sehingga diperoleh siswa dari kelas VII A dan VII C yang berjumlah 74 siswa. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelituan menunjukkan bahwa 1) ada perbedaan hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajarang probing prompting learning dan Cooperative integrated reading and composition, yang dapat dilihat dari hasil perhitungan hipotesis diperoleh nilai sig sebesar 0.043 pada probabilitas 5% dengan demikian sig < probabilitas 2) Berdasarkan data penelitian yang diperoleh diketahui nilai rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran probing prompting learning sebesar 81,62 dan Nilai rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan Cooperative integrated reading and composition sebesar 74,86 menunjukkan bahwa model probing prompting learning lebih efektif digunakan pada materi Bilangan kelas VII.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 17204163006 SITI KALIMATUS SA'DIYAH |
Date Deposited: | 10 Feb 2021 02:42 |
Last Modified: | 10 Feb 2021 02:42 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18463 |
Actions (login required)
View Item |