MUZAKKI DARMAWAN, 17201163218 (2020) KREATIVITAS GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (448kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (565kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (373kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (783kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (811kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (595kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (727kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (594kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI .pdf Download (349kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (396kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kreativitas Guru Fiqih dalam Menigkatkan Kualitas Pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Tulungagung” ini ditulis oleh Muzakki Darmawan, NIM: 17201163218. Kata kunci : Kreativitas Guru, Kualitas Pembelajaran. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kreativitas guru yang sangat diperlukan dalam kegiatan pembelajaran, karena guru yang kreatif akan membuat proses pembelajaran semakin menarik dan menyenangkan. Oleh karena itu guru yang kreatif harus mempunyai rasa tertarik untuk mencari tentang metode, media dan sumber belajar yang tepat dan menarik agar dapat digunakan dalam pembelajaran. Proses pembelajaran yang kreatif dapat meningkatkan pembelajaran. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana kreativitas guru Fiqih dalam mengembangkan metode pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Tulungagung? (2) Bagaimana kreativitas guru Fiqih dalam mengembangkan media pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Tulungagung? (3) Bagaimana kreativitas guru Fiqih dalam menggunakan sumber belajar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Tulungagung?. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan studi kasus. Untuk metode pengumpulan data menggunkan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode wawancara dan observasi digunakan untuk menggali informasi tentang kreativitas guru Fiqih dalam meningkatkan kulitas pembelajaran siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Tulungagung, sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang profil sekolah, struktur organisasi, kegiatan pembelajaran dan sarana dan prasarana sekolah. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) Kreativitas guru Fiqih dalam mengembangkan metode pembelajaran yaitu dengan menerapkan metode yang bervariasi. Menggabungkan dua atau lebih metode pembelajaran dalam satu kali kegiatan belajar mengajar. Variasi metode pembelajaran yang digunakan antara lain metode ceramah, metode diskusi, metode tanya jawab, metode hafalan, metode literasi. dan metode talking stick. (2) Kreativitas guru Fiqih dalam mengembangkan media pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Tulungagung adalah dengan menggunakan media berbasis IT serta menciptakan atau membuat media sendiri disesuaikan dengan materi, kondisi siswa, waktu serta biaya yang dikeluarkan. Media yang digunakan adalah media visual, audio, dan audiovisual. (3) Kreativitas guru Fiqih dalam mengunakan sumber belajara untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Tulungagung yang dilakukan guru dalam pembelajaran adalah dengan menggunakan buku paket LKS, perpustakaan, masjid, lingkungan sekitar dan internet yang sesuai dengan materi pembelajaran.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201163218 Muzakki Darmawan |
Date Deposited: | 16 Feb 2021 01:37 |
Last Modified: | 28 Apr 2021 03:40 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18645 |
Actions (login required)
View Item |