MANAJEMEN PERUBAHAN DALAM MENGEMBANGKAN ORGANISASI PENDIDIKAN (STUDI MULTISITUS DI SMA DARUL ULUM 2 UNGGULAN BPPT JOMBANG DAN MA BERTARAF INTERNASIONAL AMANATUL UMAH PACET MOJOKERTO)

WINARTO, 1761154026 (2020) MANAJEMEN PERUBAHAN DALAM MENGEMBANGKAN ORGANISASI PENDIDIKAN (STUDI MULTISITUS DI SMA DARUL ULUM 2 UNGGULAN BPPT JOMBANG DAN MA BERTARAF INTERNASIONAL AMANATUL UMAH PACET MOJOKERTO). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (349kB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (294kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (737kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB)

Abstract

Winarto, 2021, Manajemen Perubahan dalam Mengembangkan Organisasi Pendidikan (Studi Multisitus di SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Jombang dan Madrasah Aliyah Bertaraf Internasional Amanatul Umah Pacet), Program Doktor Manajemen Pendidikan Islam Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Promotor I: Prof. Dr. H. Mujamil, M.Ag, Promotor II: Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag. Kata Kunci: Manajemen perubahan, organisasi pendidikan. Manajemen merupakan kerja sama yang melibatkan seluruh komponen dalam organisasi pendidikan. Seluruh fungsi manajemen harus dikuasai oleh pengelola organisasi pendidikan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengondisian hingga pengawasan agar berjalan dengan efektif dan efisien. Manajemen perubahan menempati posisi yang penting dalam menata ulang organisasi pendidikan menjadi bentuk, ukuran, sifat, dan sisi tempat yang berbeda agar organisasi pendidikan mengalami perubahan yang lebih baik ke depannya. Penelitian ini berupaya menganalisis dan menemukan:1) desain perubahan dalam mengembangkan organisasi pendidikan di SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Jombang dan MA Bertaraf Internasional Amanatul Umah Pacet. 2) proses pengelolaan perubahan dalam mengembangkan organisasi pendidikan SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Jombang dan MA Bertaraf Internasional Amanatul Umah Pacet. 3) implikasi perubahan dalam mengembangkan organisasi pendidikan SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Jombang dan MA Bertaraf Internasional Amanatul Umah Pacet. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi dan rancangan multisitus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Myles Huberman dari reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data melalui kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan: 1) desain perubahan dalam mengembangkan organisasi pendidikan di SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Jombang dan MA Bertaraf Internasional Amanatul Umah Pacet Mojokerto adalah; a) planned change b) daya dorong berubah (the force change), (c) berorentasi visi misi, (d) integrated change, e) preparing, (f) unfreezing (pencairan), (g) change (berubah), dan (h) refreezing (pengkristalan). 2) proses pengelolaan perubahan dalam mengembangkan organisasi pendidikan di SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Jombang dan MA Bertaraf Internasional Amanatul Umah Pacet Mojokerto adalah; a) motivasi mewujudkan sekolah unggul bermutu, b) koordinasi dan komunikasi, c) team work, d) sosialisasi agenda perubahan, e) pendampingan, f) perubahan level individu, g) perubahan level kelompok, h) perubahan level organisasi melalui tahap POAC yakni: planing (perencanaan terintegrasi), organizing (pengorganisasian), actuating (pelaksanaan power full) dan controlling. Dari proses pengelolan ini diikuti adanya keinginan pemimpin untuk terus menerus melakukan perubahan (continuous improvemetn) yang didasarkan oleh billah untuk mewujudkan out put yang memiliki keunggulan. i) reword (penghargaan) 3) implikasi perubahan dalam mengembangkan organisasi pendidikan meliputi: 1) implikasi internal: a) fungsi pendidikan semakin mantap, b) sistem pendidikan berjalan ketat dan tanggung jawab, c) jumlah siswa meningkat, d) peningkatan ekonomi ustaz dan pengasuh meningkat, 2) eksternal: a. tingginya pembiayaan pendidikan, b) pencitraan (breending) di luar semakin baik. Temuan formal penelitian ini adalah Manajemen Perubahan Terintegrasi Team dalam mengembangkan organisasi pendidikan yang terjiwai dari ketiga fokus penelitian.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: MANAJEMEN 1761154026 WINARTO
Date Deposited: 22 Feb 2021 08:09
Last Modified: 03 May 2021 03:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18887

Actions (login required)

View Item View Item