FATIMAH, 17304163027 (2020) ANALISIS FRAMING MODEL ZHONG DANG PAN DAN GERALD M. KOSICHI TENTANG PEMBERITAAN DEBAT CAPRES KEDUA PADA MEDIA DARING TEMPO.CO, KOMPAS.COM, DAN REPUBLIKA.CO.ID PERIODE 18 FEBRUARI - 28 FEBRUARI 2019. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (416kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (55kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi ini ditulis oleh Fatimah, 17304163027, Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dengan judul “Analisis Framing Model Zhong Dang Pan Dan Gerald M. Kosichi Tentang Pemberitaan Debat Capres Kedua Pada Media Daring Tempo.Co, Kompas.Com, Dan Republika.Co.Id Periode 18 Februari – 28 Februari 2019”, yang dibimbing oleh Dr. Mulia Ardi, M.Phil. Kata kunci: analisis framing, debat ke-dua, media daring Kebutuhan manusia untuk mendapatkan informasi yang teraktual, akan diikuti oleh perkembangan media komunikasi yang semakin canggih yaitu media daring. Namun, saat ini penyajian informasi atau berita dalam media daring membawa dampak munculnya perspektif pro dan kontra. Terlebih tentang pemberitaan politik yang menyita banyak perhatian publik. Maka dari itu penelitian ini akan membedah tentang bagaimana seorang jurnalis pada media daring membingkai pemberitaan debat ke dua calon presiden periode 2019-2024, dan untuk mengetahui kontruksi yang terbentuk dari pemberitaan pada setiap media yang diteliti. Penelitian dilakukan selama 11 hari pasca debat terhitung dari tanggal 18-28 Februari 2019, menerapkan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan paradigma penelitian kontruktivisme menggunakan teori analisis framing model Zhong Dang Pan dan Gerald M. Kosichi untuk mengetahui sudut pandang jurnalis media daring dalam mencari, memilih, menulis, dan menyebarluaskan berita pada portal media daring. Penelitian ini mengambil tiga portal media daring, yaitu tempo.co, kompas.com, dan republika.co.id untuk diteliti. Hasil penelitian dari tiga portal media menunjukkan bahwa setiap media daring memiliki kontruksi sosial yang berbeda, namun dari ketiga portal media dinilai sudah memilih berita dengan memperhitungkan keakuratan dari sumber berita, memenuhi unsur-unsur berita 5W+1H, menambahkan kutipan-kutipan pendapat berdasarkan lembaga yang bersangkutan, sehingga berita memiliki bobot terpercaya dan lugas. Adapun hasilnya jurnalis tempo.co menyajikan berita dengan pemilihan kata yang hati-hati, tidak memihak, singkat, padat, jelas, dan mudah dipahami. Sehingga portal ini cenderung netral dalam menyajikan berita-beritanya. Sedangkan kompas.com dalam menyajikan beritanya terdapat kecenderungan terhadap salah satu kubu, yakni pada kubu Jokowi, hal ini dapat dilihat dari cara jurnalis memilih sumber kutipan yang pendapatnya mengarah pada kubu Jokowi. Adapun republika.co.id dalam menyajikan berita, jurnalis menggunakan pilihan kata yang menjatuhkan salah satu kubu, yakni pada kubu Jokowi, sehingga menimbulkan pemahaman bahwa portal tersebut berpihak pada kubu Prabowo. Hal ini dapat dilihat dari pemilihan kata dan struktur kalimat yang mengarah pada kubu Prabowo.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Komunikasi Islam Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam |
Depositing User: | 17304163027 FATIMAH |
Date Deposited: | 23 Jun 2021 03:30 |
Last Modified: | 23 Jun 2021 03:30 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19070 |
Actions (login required)
View Item |