ACHMAD RIZAL FAUZY, 1724143004 (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID MATERI MATRIKS KELAS XI SMK NEGERI 1 UDANAWU. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (466kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (677kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (867kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (781kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (672kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (318kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (320kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Android Materi Matriks Kelas XI SMK Negeri 1 Udanawu” ini ditulis oleh Achmad Rizal Fauzy dibimbing oleh Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Android, Matriks Penelitian ini didasari oleh banyaknya peserta didik yang kurang memahami materi yang disampaikan oleh guru. Hal ini berkaitan dengan metode pengajaran guru yang kurang bervariasi. Berdasarkan permasalahan ini maka peneliti mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis android guna meningkatkan variasi dalam pengajaran serta meningkatkan minat dan pemahaman peserta didik dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana kualitas perangkat pembelajaran berbasis android yang dikembangkan? (2) bagaimana keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan? (3) apakah perangkat yang dikembangkan efisien untuk digunakan dalam pembelajaran? Adapun tujuan yang terdapat pada penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana kualitas dari perangkat pembelajaran berbasis android yang dikembangkan (2) untuk mengetahui apakah perangkat yang dikembenakgan efektif digunakan dalam pembelajaran (3) untuk mengetahui apakah perangkat yeng dikembangkan efisien untuk digunakan dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model yang digunakan adalah milik Borg & Gall. Instrument pengumpulan data terdiri atas lembar validasi ahli materi dan ahli media, respon guru dan siswa, serta soal post test yang diberikan kepada kelas kontrol dan eksperimen. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis mengunakan teknik analisis validasi, keefektifan, dan efisiensi untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan perangkat pembelajaran berbasis android terhadap hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perangkat pembelajaran memiliki kualitas yang baik dengan memperoleh nilai sebesar 79,15% (2) perangkat pembelajaran efektif digunakan dengan memperoleh nilai sebesar 69,71% (3) perangkat pembelajaran efisien untuk digunakan dengan memperoleh nilai sebesar 0,046.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 1724143004 ACHMAD RIZAL FAUZY |
Date Deposited: | 16 Jun 2021 03:31 |
Last Modified: | 16 Jun 2021 03:31 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19665 |
Actions (login required)
View Item |