PRIMA KRISTIKA CANDRA PUTRI, 17204163295 (2020) KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) KELAS VIII MTs AISYIYAH 1 NGANJUK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (561kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (269kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (59kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (141kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (215kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (146kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (35kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (151kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) kelas VIII MTs Aisyiyah 1 Nganjuk” ini ditulis oleh Prima Kristika Candra Putri. NIM. 17204163295, Pembimbing Beni Asyhar, S.Si., M.Pd., Kata Kunci: representasi verbal, representasi simbol, representsi gambar Pada proses pembelajaran matematika sering dikaitkan dengan keterampilan berfikir dan kemampuan pemecahan masalah. Dalam pembelajaran matematika harus ada aktifitas yang membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan analisis, penalaran aktifitas. Kemaampuan representasi matematis siswa dapat mengubah suatu model matematika menjadi bentuk penyelesaian baru. Sehingga siswa SMP/MTs harus memiliki kemampuan representasi matematis guna menyelesaikan masalah matematika yang berupa soal cerita tidak hanya itu kemampuan representasi juga akan membantu siswa menyampaikan ide-ide yang tertuang dalam bentuk tulisan yang mempermudah untuk memahaminya. Kemampuan representasi di bagi menjadi tiga yaitu, (1) representasi gambar ( pictoral reprentation) meliputi gambar, diagram dan grafik, (2) representasi verbal ( verbal representation) meliputi masalah yang dinyatakan, baik itu berupa tulisan maupun kata-kata (3) representasi simbolik ( symbolic representasion) meliputi angka, operasi, tanda hubung, simbol aljabar, dan lain lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan kemampuan representasi gambar (pictoral reprentation) siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi SPLDV kelas VIII MTs Aisyiyah 1 Nganjuk. (2) mendeskripsikan kemampuan representasi verbal (verbal representation) siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi SPLDV kelas VIII MTs Aisyiyah 1 Nganjuk. (3) mendeskripsikan kemampuan representasi simbolik (symbolic representasion) siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi SPLDV kelas VIII MTs Aisyiyah 1 Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian study kasus. Subjek penelitian bejumlah 6 subjek peneliti berdasarkan tingkat kemampuannya yaitu 2 subjek berkemampuan tinggi, 2 subjek bekemampuan sedang dan 2 subjek berkemampuan rendah diperoleh dari skor terendah siswa di kelas VIII A. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas siswa berkemampuan tinggi memiliki kemampuan representasi matematis sedang dan rendah. Tetapi mayoritas subjek tersebut memiliki kemampuan represntasi matematis sedang. Siswa berkemampuan sedang memiliki kemampuan representasi matematis rendah, sedang, dan tinggi. Tetapi mayoritas subjek tersebut memiliki kemampuan representasi matematis sedang dan tinggi. Siswa berkemampuan rendah memiliki kemampuan representasi matematis sedang dan rendah. Tetapi mayoristas subjek tersebut memiliki kemampuan representasi matematis rendah
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Linear Matematika Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 17204163295 PRIMA KRISTIKA CANDRA PUTRI |
Date Deposited: | 14 Jun 2021 04:05 |
Last Modified: | 14 Jun 2021 04:05 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19667 |
Actions (login required)
View Item |