PERAN GURU AL QUR’AN HADITS DALAM MENCIPTAKAN KOMUNIKASI YANG EFEKTIF DENGAN PESERTA DIDIK DI MTsN 7 TULUNGAGUNG

IMAM MUSLIH, 17201163140 (2020) PERAN GURU AL QUR’AN HADITS DALAM MENCIPTAKAN KOMUNIKASI YANG EFEKTIF DENGAN PESERTA DIDIK DI MTsN 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (221kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (163kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (234kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (732kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (195kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (195kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Al Qur‟an hadits dalam Menciptakan Komunikasi Efektif dengan Peserta Didik di MTsN 7 Tulungagung” yang di tulis oleh Imam Muslih NIM: 17201163140, yang di Bimbing Oleh Dr. Hj. Luk Luk Nur Mufidah, M. Pd. I. Keywords: Peran Guru Al Qur‟an Hadits, Komunikasi Efektif. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena lapangan yang terjadi di tataran MTs. Adanya peran guru Al Qur‟an Hadits di MTsN 7 Tulungagung diharapkan menjadi penyeimbang supaya peserta didik selain mendapat materi pelajaran umum tapi juga mempunyai kemampuan yang lebih dalam pelajaran agama, serta membentuk karakter yang sesuai dengan Al Qur‟an dan Hadits dan bertaqwa kepada Tuhan YME. Berkaitan dengan itu, peneliti bertujuan melakukan penelitian di MTsN 7 Tulungagung karena sekolahan ini merupakan lembaga yang mengedepankan pendidikan karakter dan kualitas peserta didik yang unggul. Fokus penelitian pada skripsi ini: (1) Bagaimana peran guru Al Qur‟an Hadits sebagai pengajar dalam menciptakan komunikasi yang efektif dengan peserta didik di MTsN 7 Tulungagung, (2) Bagaimana peran guru Al Qur‟an Hadits sebagai pendidik dalam menciptakan komunikasi yang efektif dengan peserta didik di MTsN 7 Tulungagung, (3) Bagaimana peran guru Al Qur‟an Hadits sebagai pembimbing dalam menciptakan komunikasi yang efektif dengan peserta didik di MTsN 7 Tulungagung. Tujuan ditulisnya skripsi ini untuk mengetahui, (1) Bagaimana peran guru Al Qur‟an Hadits sebagai pengajar dalam menciptakan komunikasi yang efektif dengan peserta didik di MTsN 7 Tulungagung, (2) untuk mengetahui peran guru Al Qur‟an Hadits sebagai pendidik dalam menciptakan komunikasi yang efektif dengan peserta didik di MTsN 7 Tulungagung, (3) untuk mengetahui peran guru Al Qur‟an Hadits sebagai pembimbing dalam menciptakan komunikasi yang efektif dengan peserta didik di MTsN 7 Tulungagung. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini dilakukan di MTsN 7 Tulungagung. Dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan data reduksi, penyajian data, penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan datanya menggunakan ketekunan peneliti, triangulasi. Hasil penelitian: (1) peran guru Al Qur‟an Hadits sebagai pengajar dalam menciptakan komunikasi efektif dengan peserta didik di MTsN 7 Tulungagung adalah dalam pembelajaran di dalam kelas guru menggunakan komunikasi dua arah menyampaikan materi,(2) peran guru Al Qur‟an Hadits sebagai pendidik dalam menciptakan komunikasi efektif dengan peserta didik di MTsN 7 Tulungagung adalah dengan menjaga komunikasi, perilaku baik kepada peserta didik, maka wibawa guru akan tetap terjaga dan guru dapat menjadi contoh bagi peserta didik, (3) peran guru Al Qur‟an Hadits sebagai pembimbing dalam menciptakan komunikasi efektif dengan peserta didik di MTsN 7 Tulungagung adalah menempatkan guru Al Qur‟an Hadits seperti guru BK.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan Islam
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163140 IMAM MUSLIH
Date Deposited: 30 Jul 2021 02:59
Last Modified: 02 Nov 2021 02:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20141

Actions (login required)

View Item View Item