EFEKTIVITAS MEDIA VIDEO DALAM PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA MATERI LIMIT KELAS XI MAN 1 TULUNGAGUNG

LAYLI ISTIQOMAH, 12204173098 (2021) EFEKTIVITAS MEDIA VIDEO DALAM PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA MATERI LIMIT KELAS XI MAN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (806kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (750kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (720kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (989kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (399kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13kB)

Abstract

Satuan pendidikan di Tulungagung menerapkan sistem pembelajaran online, mematuhi Surat Edaran dari Kemendikbud tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. Hal ini mengakibatkan kurangnya interaksi antara siswa dengan guru karena pembelajaran dilakukan tanpa tatap muka, sehingga guru kesulitan dalam memantau perkembangan belajar siswa. Pembahasan persoalan matematika materi limit fungsi aljabar membutuhkan kemampuan matematis siswa yang terasah khususnya pada aljabar. Sedangkan, peneliti menemukan kenyataan di lapangan bahwa beberapa siswa kesulitan dalam memahami materi tersebut. Akibatnya, pemecahan persoalan limit fungsi aljabar menjadi terhambat. Tetapi, dalam pembelajaran online ini, beberapa siswa merasa terbantu dengan adanya media video yang dapat mereka akses melalui platform online, seperti Youtube, sebagai sarana penyampaian materi. Sehingga peneliti tertarik untuk meneliti efektivitas media video dalam pembelajaran online terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa materi limit kelas XI MAN 1 Tulungagung. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar menggunakan media video dalam pembelajaran online di masa pandemi Covid-19 pada materi limit fungsi aljabar kelas XI MAN 1 Tulungagung; (2) Mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional dalam pembelajaran online di masa pandemi Covid-19 pada materi limit fungsi aljabar kelas XI MAN 1 Tulungagung; (3) Mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang diajar menggunakan media video dengan pembelajaran konvensional dalam pembelajaran online di masa pandemi Covid-19 pada materi limit fungsi aljabar kelas XI MAN 1 Tulungagung; (4) Mendeskripsikan efektivitas media video dalam pembelajaran online di masa pandemi Covid-19 terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi limit fungsi aljabar kelas XI MAN 1 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah The Non-Equivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel berjumlah 37 orang (kelas kontrol dan kelas eksperimen). Instrumen penelitian ini menggunakan tes essay dengan kriteria yang sesuai indikator kemampuan pemahaman konsep. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t dan uji efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen yang diajar menggunakan media video dalam pembelajaran online pada kelas XI MAN 1 Tulungagung memperoleh rata-rata skor n-gain sebesar 0,7381 yang termasuk dalam golongan tinggi. Nilai rata-rata post-test siswa mencapai 96; (2) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas kontrol yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional dalam pembelajaran online pada kelas XI MAN 1 Tulungagung memperoleh rata-rata skor n-gain sebesar 0,2661 yang termasuk dalam golongan rendah. Nilai rata-rata post-test siswa mencapai 82,77; (3) Berdasarkan hasil analisis uji t dengan nilai p-value sebesar 0,000, diperoleh adanya perbedaan rata-rata yang signifikan antara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol; (4) Berdasarkan hasil analisis dengan uji efisiensi relatif, diperoleh nilai R 0,563 < 1, sehingga media video lebih efektif daripada pembelajaran konvensional dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi limit fungsi aljabar kelas XI MAN 1 Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Layli Istiqomah
Date Deposited: 02 Aug 2021 04:18
Last Modified: 02 Aug 2021 04:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20238

Actions (login required)

View Item View Item